Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Cita-citaku Ingin Jadi Guru

Posted by gunawank pada Desember 24, 2011


Setidaknya begitulah isi karangan-karanganku ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Setiap ada pelajaran mengarang dengan tema “Cita-citaku”, pasti judul yang aku tulis “Cita-citaku Ingin Menjadi Guru”.

Entah mengapa sejak kecil, sebelum aku bersekolahpun apabila bermain bersama teman-temanku dan permainannya adalah sekolah-sekolahan, maka pasti aku selalu ingin jadi gurunya, tidak mau jadi muridnya. Dan dengan lantangnya aku selalu berlaga menerangkan pelajaran di depan teman-temanku yang menjadi murid.

Anehnya, ketika aku masuk sekolah Agama (sekarang MDA) hanya berlangsung kurang lebih tiga bulan jadi murid dan itupun langsung di kelas dua tanpa melalui kelas satu dulu. Setelah itu aku diminta oleh pak ustad untuk mengajar di kelas 0 (nol).

Namun cita-citaku untuk menjadi guru ini sempat berubah arah ketika aku duduk di bangku kelas 2 SMP yaitu ingin menjadi ahli pertanian, khususnya ahli hama. Alasanya, tanaman padi di daerahku mengalami “Fuso” (gagal panen total) akibat serangan hama Wereng Cokelat, sehingga tanaman padi mati mengering seperti terbakar. Ditambah lagi dengan pemberitaan media masa (koran) yang menyatakan bahwa Warga Karawang (yang dikenal sebagai lumbung padi Jawa Barat) makan Eceng Gondok karena kelaparan.

Tersulut pemberitaan tersebut batinku berkobar (bahasa kerennya..!) dan lenyaplah seketika cita-cita ingin jadi guru yang sudah sekian lama tertanam di hatiku, berubah menjadi kobaran api semangat untuk menjadi ahli hama tanaman agar peristiwa memalukan ini tidak terulang kembali.

Oleh karenanya, setelah lulus SMA akupun mendaftar ke IPB Bogor walaupun harus berbohong kepada kedua orangtuaku (alhamdulillah mereka sudah memaafkannya, lho…!) karena keduanya mengharapkan aku daftar ke jurusan kedokteran UNPAD. Padahal waktu itu aku dapat tawaran langsung diterima di IKIP Bandung, tapi tidak kuambil karena orangtuaku menginginkan kedokteran.

Singkat cerita, aku diterima di IPB dan selesai tepat waktu pada jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Alhamdulillah sesuai harapan. Akupun malang melintang selama kurang lebih 12 tahun bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang agrochemical.

Suatu hari, pada tahun 2001 ketika aku masih aktif di perusahaan pupuk organik, ada teman yang memiliki smp suasta memohon dengan sangat (kalau tidak boleh disebut merengek) agar aku mau membantu mengajar di sekolahnya karena sudah tiga bulan muridnya tidak belajar IPA alias tidak ada gurunya. Karena kebetulan aku saat itu, atas permintaanku ke perusahaan aku bertugas sebagai tenaga pemasaran khusus Kabupaten Karawang, akupun terima tawaran teman tersebut.

Itulah awal mula aku mulai terjun di dunia pendidikan dan lama-kelamaan keasyikan (bak pepatah: cinta lama bersemi kembali) sampai akhirnya akhir 2002 aku putuskan berhenti dari perusahaan karena ada rekan yang memintaku mendirikan sekolah di yayasannya yang saat itu telah mengelola pondok pesantren. Pada Juli 2003 resmilah aku buka SMP di pondok pesantren tersebut. Dan sejak 2010 akupun mendirikan SMK di pondok pesantren yang lain masih di daerah yang sama, sampai sekarang…….SEKIAN

About these ads

25 Tanggapan to “Cita-citaku Ingin Jadi Guru”

  1. cita-citanya terwujud…
    asik…

    • gunawank said

      Alhamdulillah…….
      Walaupun sedikit aneh dengan background pendidikan.
      Tapi ga apalah yang penting mengabdi, insya Allah….

  2. Saya datang memberitahukan bahwa link disave.wp.com pindah ke ke blogspot.

    Tolong diganti ya :)

    Link bro juga udah saya pasang.

    Tolong dikonfirmasi.

    Salam Persahabatan.

  3. Saipuddin said

    saya juga sejak kecil udah bercita-cita menjadi guru + pengusaha. Mudah-mudahan tercapai. :D

  4. wah~ CLBK….
    mau dong ikutan belajar gratis disekolahnya :-D

    masih butuh banyak ilmu nih :)

  5. cita-cita yang mulia sob, moga terwujud.. :) amin.

  6. mas bro, guna mempererat tali silaturrahim antar blogger, link mas bro da terpampang dengan rapi di sidebar saya,, di tunggu backlinknya, thnx :)

  7. mas bro saya punya sesuatu buat mas bro, di tunggu kunjungannya thnx :)

  8. Moch Adnan said

    Seru, jadi kesampaian juga nih cita-citanya ya,

  9. dombaimba said

    hahaa.. Cita2 masa kecilnya terpenuhi.. Masi mau lanjut jadi guru bro?

    • gunawank said

      Alhamdulillah………
      Sejak 2001 sampai waktu yang tidak ditentukan masih jadi guru luar negeri…..
      Lama baru mampir lagi….mudah2an ga pindah rumah juga, he..he..hee…..

  10. ubay said

    cita cita saya malah melenceng mas, yang awalnya pengen jadi dokter,,, eeeee skrg malah jadi montir hehehe

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 497 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: