Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Cabut Gigi…..?!!! Nggak Sakit Kok !!!

Posted by gunawank pada Maret 15, 2012


Setelah mendapat penjelasan bahwa penyakitku cukup diatasi dengan mengangkat gigi yang bermasalah, dapat sobat-sobat bayangkan betapa senangnya aku mendengar pernyataan tersebut, bahkan seakan-akan 50% penyakitku mendadak sembuh. Oleh karena itu, ketika dokter menawariku apakah siap untuk dicabut, maka dengan penuh semangat spontan aku jawab: “siap, kalau dokter siap mencabutnya”. Na, lho….malah balik nantang, he…he…heee……..!

Walhasil, pada hari Sabtu tanggal Sepuluh bulan Maret tahun Dua Ribu Dua Belas (kaya surat perjanjian hutang-piutang saja) tepatnya jam 10.30 WIB aku direbahkan di bangku pesakitan pasien untuk tindakan pencabutan gigi.

Awalnya agak miris juga melihat alat-alat yang berjejer rapi di sekitarku, ada bor, tang, batang-batang logam berujung lancip seperti jarum tusuk dalam berbagai ukuran, jarum suntik dan lain-lain. Ditambah lagi pernyataan pak dokter setelah memeriksa kondisi gigi yang mau dicabut, “giginya sudah kuat lagi (maksudnya tidak goyang) pak, mungkin agak linu nanti saat dicabut.” Nah, lho ! tambah ngeper saja. Apalagi aku belum pernah dicabut gigi di rumah sakit.

Waktu kecil memang sering mencabut gigi kalau ada gigi mau tanggal, tapi tidak pernah dicabut oleh orang lain, termasuk oleh orangtua sendiri, tetapi selalu dilakukan sendiri dengan caraku sendiri agar tidak terasa sakit. Soalnya kalau oleh orangtuaku suka dicabut sekaligus dengan cara diikat benang kenur (senar) lalu benang ditarik dihentakkan, dan jprut….gigipun tercabut. Gigi memang langsung tercabut, tetapi rasa sakit dan ceceran darah bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. (udah ah, jadi tambah merinding..).

Namun, ternyata dengan alat, bahan dan teknik yang semakin canggih proses pencabutan gigi tidak seserem yang dibayangkan, bahkan tidak terasa sakit sama sekali walaupun karena kondisi gigi yang tidak goyang dan posisinya yang terjepit gigi tetangganya, prosesnya berlangsung lebih dari satu jam, itupun setelah diakali dengan cara giginya dibelah dulu menggunakan bor, baru gigi bisa dicabut satu persatu dari belahan tersebut.

Oleh karena itu, bagi sobat-sobat yang mempunyai masalah gigi dan mengharuskan tindakan pencabutan gigi, jangan takut untuk mencabut giginya ke dokter. Dijamin tidak akan terasa sakit.

About these ads

53 Tanggapan to “Cabut Gigi…..?!!! Nggak Sakit Kok !!!”

  1. Ya iyalah, dibius… Coba kalau cabut gigi tidak dibius? :lol: Wah, sudah baikan ya…

  2. onesetia82 said

    saya sering sakit gigi gan …
    tapi belum pernah kalau sampai dicabut mah … :)
    ngeri gan :(

  3. yayu said

    cabut giginya dimana tuuuuhh, aku kalo cabut gigi suka sakit

    • gunawank said

      Di rumah sakit. Kalau masih terasa sakit, mungkin biusnya kurang atau belum bekerja maksimal.

  4. pas disuntik sakit gak??? saya takut pas disuntiknya…#____#

    • gunawank said

      Sakit sih, ga. Cuma pegel dikitlah……
      Ketika dibayang2 spertinya sakit banget, tetapi ketika dijalani dengan keyakinan tidak akan sakit, ya ga sakit.
      Makasih kunjungannya.

    • gunawank said

      Sakit sih, ga. Cuma pegel dikitlah……
      Ketika dibayang2 spertinya sakit banget, tetapi ketika dijalani dengan keyakinan tidak akan sakit, ya ga sakit.
      Makasih kunjungannya.

  5. nining said

    Bener ga sakit?aq hr rabu dpn jadwal cabut gigi tp aq msh takut

    • gunawank said

      Tidak sakit, karena pake bius lokal. Waktu penyuntikan bius memang sedikit pegal, tapi skali lagi…tidak sakit!

  6. ji'enk said

    cbut gi2 rus bner2 ma ahlina, gwe dlu prnah cabut dipuskesmas n trnyata biusna kurang tepat jd pas dicabut sakitna mta ampun mpe gwe nangis. n g cuma it, smpet jg pndarahan bebrapa jam, jd rus bner2 pd ahlina

    • gunawank said

      Kalau dokternya yang teliliti, sebelum dicabut biasanya di tes dulu, apakah biusnya sudah bekerja dengan baik atau tidak, baru lakukan tindakan pencabutan.

  7. fajar said

    gigi ku kit nih dicabut sendiri apa ke dokter?

  8. Dimas said

    Besok saya mau cabut gigi, bener nih ga sakit? Terus durasi cabut giginya berapa lama ya?

    • gunawank said

      Kalau setelah disuntik bius dan sebelum dicabut gigi dites dulu oleh dokter, maka saat dicabut tidak akan berasa sakit.
      Cabut giginya hanya beberapa menit saja.

  9. devin said

    kalo cabut gigi pake tangan sediri gimana?

  10. Yudi said

    Aq pernah cabut gigi,wkt dicabut memang gak merasa sakit soalnya sdh disuntik bius tp, wkt disuntik biusnya itu lho sakitnya luar biasa,,apalagi klo dokternya kelihatan judes atau jarang senyum( kan banyak tuh ) wah bs2 tambah dua kali lipat tuh sakitnya…

    • gunawank said

      Tapi ga seberapa, sama dengan suntikan2 di tempat lain dan cuma sesaat, karena setelah itu baal (mati rasa karena bius).

  11. kiki said

    itu alamat dokternya dimana ya? di RS mana? nama dokternya?

  12. indra said

    sudah satu bulan lebih ini gigi saya bengkak di gusi tp gak sakit, kata dokter sih harus dicabut tp bengkaknya harus disembuhin dulu pakai antibiotik baru bisa dicabut, anehnya sampai sekarang belum sembuh2 bengkaknya, jadi bingung saya. jumat ini rencananya mau kedokter gigi lagi untuk yang kesekian kalinya.

    • gunawank said

      Ya, memang dokter tak akan berani cabut gigi yang masih bengkak. Harus sembuh dulu bengkaknya. Sabar dan ikuti dokter.

  13. Duh, saya pernah ngalami patah kaki yang sakitnya gak ketulungan, tapi koq masih takut ya mw cabut gigi >.<

  14. Putra said

    Mas Gunawan, saya mengalami gigi berlubang pada gigi bagian atas kiri. 7 bulan yg lalu saya hanya pergi ke dokter praktek spesialis gigi terdekat di rmh saya utk menambal gigi. sebelum di tambal, waduh klo makan susah bgt dikit aja kena nasi yg berlubang sakitnya minta ampun bawaannya mau nangis sampai saya meronta2. abang saya blg, itu mah ‘udh dalam lubangnya dan udh kena bagian akar2 dr gigi’. (emg sih bener, aku priksa pake lidah aja lubangnya udh dlm)
    nah.. 2 hr yg lewat saya mkn daging, gak tau knp kena sentakan kuat gtu waduh kumat lg sakitnya sampe skg. ini gusi saya bengkak, giginya di sentuh sakit.
    jd, yg mau saya tanyakan mas gun, apa proses penjabutan gigi itu disuntik ya? maksud aku dibius? (nah hal ini yg saya takutkan dan gak brani cabut giginya).
    dan lagian, pd gigi byk berhubungan dgn saraf2 ke otak, mata dll.
    nanti klo pencabutan gigi diapai saja ya mas?

    (makasih byk mas, mohon serta bantuan penjelasannya)

    • gunawank said

      Sebaiknya segera periksa ke dokter. Jika dokter menyarankan cabut gigi, jangan takut…ga sakit ko !
      Sebelum dicabut, dilakukan penyuntikan bius lokal di pipi bagian dalam sekitar gigi tersebut. Memang proses ini yang dibayangkan oleh pasien….menyakitkan. Padahal, sama rasanya seperti di suntik di bagian (maaf) pantat/bokong. Jadi jangan takut.

  15. lira said

    aku takut saat mau di cabut

  16. nur rahma said

    mas gun ,,saya kan di haruskan cabut gigi,,karna pakai behel,tp rasanya ngeriii bgt,,,,,hadugh gmn mengatasi rasa takutnya ya,,

  17. Díxá New said

    aku mlm ni cabut gigi,,,?
    jdi msh ragu2 la,,,gmn cranya biar gk ragu2¿

  18. ane ajj dari kecil cabut gigi di dokter tanpa bius ajj gk sakit -_- cuma sakit sedikit waktu di cabut nya

  19. anonim said

    mas, klau waktu di suntik buat bius itu beneran ga sakit?

  20. Nasywa said

    Dokter nyabut gigi linu jg ga ya?

  21. sagala said

    setelah selesai di jabut apa masih sakit kalau udah habis tekanan bius nya…??

  22. Bintang libra said

    saya kemarin tanggal 20 april 2013 seharian merasakan sakit gigi yang luar biasa…. sangat2 menyiksa.. Udah ga kuat hidup lagi rsanya pengen Mau mati aq ! :(
    Sakitnya Ya Allah yg aku rasakan luar biasa sakit……..!!! :( :(
    diem aja sakit, apalagi klau ngomong… Ditambah lagi mau makan ga bisa,takut bertambah sakit,bnr2 nyiksa aq bgt… Udah gitu sakit juga yang aku rasakan di kepala, disekitar mata,dan diwajahku trsa pnas sakitnya menyebar, aku ga tahan lagi menderita begini.. :(
    oya.. Selama aku sakit gigi.. Aku ga bisa tidur dengan nyenyak, kebangun terus, dan ngerasain sakitnya.. bnr2 ga enak,ga nyaman !
    .
    .
    Gigi q yg sebelah atas yg kanan dan kiri udah berlubung .. Tp yg sebelah kirinya aku udah ga bisa makan atau mengunyah lagi Sejak tahun 2006 smpe skrg. Dan aku hanya bisa makan atau mengunyah di sebelah kanan aja. Dlu wktu tahun 2009 satu2nya gigi yang bisa buat aku mengunyah sakit. Dan pasti aku ga mkan atau ngunyah lg, wktu itu aq udh khilangan akal. Tp untungnya aq cb kmur2 aja dgn slah stu obat gigi, Alhamdulillah aku bisa mkan n mengunyah lg,krn untung aja lubangnya ga tepat di atas saat mengunyah tp dismping atasnya.
    >>
    dan krn gigi q yg kiri atas ini kmrin skit luar biasa,krn udh rusak gtu,mgkn jg (mf) sdah mmbusuk,krn wrnanya udh biru atau kehijau2an gtu,dan Aku mau ke dokter gigi, wlaupun aq agak trsa mlu dan tkut. Tp ga papalah, drpd aku biarkan, n tkutnya klo blik lg skitnya… Krn klo di bius itu gk sbanding dgn skit gigi yg terus menerus yg aku rasakan. Jd aku hrus siap n memberanikan diri ke dokter gigi utk dicbut..
    . Yg q tnyakan, apa klo saat dicbut gpp dgn mta kita?
    Krn tau sndri, lw q skit gigi, skitnya jg menyebar ke mta aq. Atau saraf matanya x ya??
    Sekian dan Terimakasih.

  23. hendry said

    Sy rencana mau cabut gigi bungsu,kira kira prosesnya lama ga ya ms?apa serem ga?soalnya sy takut nih

    • gunawank said

      KaIau menurut d0kter harus dicabut, ga lama k0k pr0sesnya dan ga serem tuh

      • vandaliesta iskandar said

        mas, sya kn lg ada mslh sma gigi sya
        tp bnyk sodra” malah menyarankn untuk tidk d cbut krna efeknya bisa macem
        jd smntra ini sya hnya mnum obat cataflam sma clindamycin.. tp itu kyaknya cm penyembuhan smntra deh
        mslhnya tu sya tkut bgt d cbut, seumur umur blom prnh dahh q d cbut,apalgi tmbal gigi.. kalo sekiranya gk d cbut solusi lainnya apa ya ?

  24. Ilham dermawan said

    Kalau misalnya sudah disuntik tunggu sampai benar2 tebal supaya pas di cabut ga sakit,saya pernah waktu itu dicabut dan karena terlalu cepat ngomong biusnya udah bekerja jadi sakit deh sampai hampir nangis… Makanya kalo mau dicabut tunggu biusnya benar2 bekerja…

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 496 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: