Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Fenomena Facebook Dalam Kasus Bibit-Chandra

Posted by gunawank pada November 4, 2009


Polri akhirnya menangguhkan penahanan pimpinan KPK non aktif Bibit Samad Riyanto dan Chandra M. Hamzah. Tepat pukul 00.00 WIB tadi malam setelah rekaman rekayasa kasus kriminalisasi KPK di pedengarkan di Mahkamah Konstitusi.

Meskipun kabhumas Mabes Polri Irjend Nanan Sukarno membantah, penangguhan ini kerena tekanan yang besar, namun di sisi lain ada fenomena yang menarik untuk dicermati.

Bahwa sejak tersiar kabar mabes Polri menetapkan penahanan terhadap kedua petinggi KPK tersebut, lebih dari 450.000 masyarakat seolah berbondong-bondong memberikan dukungan terhadap penangguhan atau bahkan pembebasan keduanya lewat jejaring sosial di dunia maya, Facebook lewat gerakan “1.ooo.000 Facebookers Dukung Pembebasan Bibit-Chandra”.

Padahal untuk kasus seperti ini, masyarakat seharusnya menyalurkan aspirasi mereka melalui para wakil rakyat di DPR. Tapi mengapa mereka lebih memilih jejaring sosial facebook yang menurut istilah salah seorang penelepon pada acara bedah editorial Media Indonesia pagi ini di Metro TV disebut “Parlemen Dunia Maya” atau “Fraksi Facebook”…?

Mudah-mudahan fenomena ini muncul bukan karena mereka kurang mempercayai para “wakil rakyat”, tetapi lebih disebabkan karena mudahnya menyalurkan aspirasi lewat yang satu ini. Tidak perlu ke Senayan, tidak perlu keluar ongkos dan tidak pula harus berhadapan dengan serangkaian protokoler.  Sedangkan hasilnya…..lebih cepat mereka peroleh.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: