Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Vonis Bebas Prita vs Rencana Kasasi Jaksa

Posted by gunawank pada Desember 30, 2009


Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Selasa (29/12/2009) telah memvonis bebas Prita Mulyasari. Prita didakwa Pasal 27 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman penjara selama enam tahun.

Dalam putusannya majelis hakim menyatakan, Prita Mulyasari tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan kesatu, kedua dan ketiga. Kemudian, membebaskan terdakwa dari semua dakwaan, serta memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya.

Mendengar putusan ini, sorak sorai para pendukung Prita yang hadir di persidanganpun sontak bergemuruh. Demikian pula halnya mereka yang dengan sengaja menggelar nonton bareng baik di posko peduli Prita maupun di tempat lain, bersorak sorai penuh rasa haru dan gembira.

Namun…tidak demikian dengan Jaksa Penuntut Umum yang menyatakan pikir-pikir, bahkan berencana mengajukan kasasi karena putusan majelis hakim dinilai tidak menerapkan peraturan hukum atau peraturan hukum diterapkan tidak sebagaimana mestinya.

“Atau peraturan hukum diterapkan tidak sebagaimana mestinya,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung, Didiek Darmanto, di Jakarta, Selasa.

“Bahwa seharusnya putusan hakim melepaskan terdakwa dari semua tuntutan, bukannya membebaskan. Karena dalam pertimbangannya menyatakan adanya alasan pembenar tetapi kemudian menyatakan salah satu unsur tidak terbukti,” katanya. Sebagaimana diberitakan Republika Online (Selasa, 29/12/2009).

Iklan

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: