Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Satu Lagi, Pengadilan Kasus Anak SD di PN Surabaya

Posted by gunawank pada Februari 2, 2010


Gara-gara iseng dengan maksud bercanda, seorang anak SD yang baru berusia 9 tahun harus duduk di kursi pesakitan sebagai terdakwa kasus penganiayaan Pengadilan Negeri Surabaya.

Kasus berawal ketika menunggu kendaraan umum sepulang sekolah, David yang melihat ada lebah hinggap di gerobak pedagang mengambilnya lalu dengan maksud bercanda menyengatkan lebah tersebut pada salah seorang temannya.

Meski majelis hakim memvonis bebas pada sidang putusannya, Senin (1/2/2010), namun tetap pengalamannya duduk di kursi pesakitan sebagai terdakwa sidang pengadilan itu akan merusak psikologis anak yang akan menyebabkan trauma berkepanjangan.

Di satu sisi, kesalahan sekecil apapun…apalagi yang dapat membahayakan atau mengancam keselamatan orang lain harus mendapat hukuman, dengan maksud agar tertanam sejak dini kesadaran akan menjaga keselamatan orang lain.

Namun, tentunya mengingat usianya yang sangat dini yang memungkinkan belum adanya kesadaran bahwa di dalam bermain, bercanda atau guyonan yang tujuannya untuk kesenangan dan kegembiraan terkadang ada unsur membahayakan baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, rasanya sangatlah tidak adil apabila proses penyadarannya harus diperlakukan sebagaimana layaknya yang berlaku pada orang dewasa, melalui proses pengadilan.

Hikmah yang dapat diambil dari kasus ini, bagi orang tua, guru maupun siapa saja yang terlibat dalam proses pendidikan sebaiknya menempuh jalan pendidikan dan kekeluargaan dalam menyelesaikan kasus anak-anak seperti ini.

Mudah-mudahan kasus ini merupakan kasus terakhir yang menimpa anak-anak kita.

Iklan

Satu Tanggapan to “Satu Lagi, Pengadilan Kasus Anak SD di PN Surabaya”

  1. […] Artikel Terkait: – Satu Lagi Kasus Pengadilan Anak SD di PN Surabaya […]

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: