Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Pro Kontra Kunjungan Obama

Posted by gunawank pada Maret 17, 2010


Rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia pada tanggal 23-25 Maret 2010 disambut baik oleh para tokoh dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, berharap kedatangan Obama bisa merubah imej (negatif) Indonesia yang selama ini selalu dipandang dunia internasional hanya kalau ada banjir dan gempa bumi. Untuk pertama kali kita masuk headline dengan semangat positif.

Terlebih lagi, kedatangan Barack Obama bukan hanya berupa kunjungan kenegaraan biasa, namun juga membawa angin segar investasi. Di antaranya yakni dengan membawa serta puluhan pengusaha AS untuk melirik potensi investasi di Indonesia. “Sektor-sektornya (yang dibahas) menyeluruh dengan datangnya (perwakilan) perusahaan-perusahaan AS ke Indonesia,” katanya kepada wartawan, Rabu (17/3), di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta. (jpnn.com, 17/3/2010).

Jika Obama yang mempromosikan Indonesia, misalnya terkait pluralitas dan demokratisasi di negara ini, maka efeknya akan luar biasa, bisa dikenang hingga 50 tahun ke depan. “Seperti ketika pertemuan Presiden Soekarno dengan Presiden John F Kennedy. Itu tak terlupakan,” kata Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan di Jakarta, Sabtu (13/3), usai menjadi pembicara dalam sarasehan di Pesantren Ciganjur, Jakarta Selatan, yang digelar Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) (NU Online, 14/3/2010).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) , Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, kunjungan Obama ke Indonesia bulan ini merupakan bukti perhatian besar pemerintah AS kepada Indonesia.

“Kalau kita menolak kedatangan Obama, justru kita tidak dapat berdialog dengan tokoh yang secara representatif mewakili Amerika,” ujar Lukman yang juga Wakil Ketua MPR ini di Jakarta, Jum’at (12/3).

Lukman juga menilai, kunjungan Obama selama dua hari di Indonesia merupakan sesuatu yang istimewa. Lukman mengusulkan agar para tokoh Islam Indonesia menyampaikan aspirasi mereka kepada Obama. Terutama mengenai Islam di Indonesia.

“Ini juga kesempatan bagi tokoh Islam untuk menjelaskan kepada Amerika bahwa Islam bukan terorisme,” lanjutnya.

Ketua Umum PBNU KHA Hasyim Muzadi menilai kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Obama ke Indonesia pada Maret mendatang akan memperbaiki hubungan AS dengan Islam, karena Obama menawarkan pemulihan hungan AS dengan dunia Islam setelah mengalami ketegangan pada era George Bush.

Bahkan beliau berharap, “Jangan ada kaum muslimin Indonesia yang menolak kedatangan Obama di Indonesia. Selain bertentangan dengan etika Islam juga bertentangan dengan etika diplomasi internasional,” kata Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di Jakarta, Senin (15/3).

Menurut Hasyim, tidak ada aturan dalam Islam untuk menolak tamu, apalagi dalam kapasitas diplomasi internasional. Rasulullah SAW mengajarkan ‘berhubungan diplomatik’ dengan agama lain termasuk Yahudi. (NU Online, 15/3/2010).

Berbeda dengan pernyataan para tokoh di atas, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) justru mengeluarkan fatwa haram menerima kunjungan Obama, karena dianggap sebagai presidennya negara penjajah dan teroris besar . Bahkan HTI akan menggelar demonstrasi besar-besaran di Jakarta dan beberapa daerah lain, sebelum kedatangan Obama. (WASPADA ONLINE, 14/3/2010).

Terlepas dari pro dan kontra, sebagai warga bangsa dan umat Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah bahkan melarang untuk menebar permusuhan, kedatangan Presiden Obama sebagai tamu negara dan pemerintah Indonesia patut disambut dan dihormati sebagai tamu dengan harapan membawa kemaslahatan,  kecuali kalau datangnya ke sini membawa pasukan untuk menyerang Indonesia, tentunya kita harus menolak dan melawannya.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: