Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Vonis Bebas Buat Janda Pahlawan

Posted by gunawank pada Juli 30, 2010


Masih ingat tulisan di halaman ini yang berjudul “Dua Isteri Pahlawan Dipidana” (18/3/2010), yakni Soertarti Soekarno (78) dan Rusmini (78), dua isteri mantan Tentara  Pelajar yang terancam hukuman penjara selama dua tahun? Negara mempidanakan mereka dengan dakwaan penyerobotan lahan atau tanah orang lain serta menempati rumah yang bukan haknya.

Setelah melalui proses yang sangat panjang, akhirnya pada tanggal 27 Juli 2010 Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang diketuai Djumadi SH memvonis bebas Soetarti Soekarno.

“Biaya perkara dibebankan kepada negara. Tuntutan jaksa dalam perkara ini harus dinyatakan prematur,” kata Djumadi, ketika membaca putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa. “Maka saudara Soetarti Soekarno harus lepas dari tuntutan hukum,” katanya.

Mudah-mudahan putusan ini benar-benar didasari pertimbangan rasa keadilan yang harus menjadi pertimbangan hakim dalam memutus perkara, disamping pertimbangan hukum. Dan semoga pula bukan karena tekanan publik maupun politik.

Selamat datang keadilan, semoga Soetarti-Soetarti yang lain memperoleh rasa keadilan yang sama didalam proses hukum, termasuk saudara Indra Azwan yang saat ini berada di Jakarta setelah berjalan kaki selama 22 hari dari Malang ke Jakarta.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: