Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

PT. KAI Siapkan Gerbong Motor Mudik Lebaran

Posted by gunawank pada September 2, 2010


Guna membantu mengurangi kepadatan jalan raya yang diperkirakan tahun ini mencapai 3,6 juta pemudik dengan menggunakan sepeda motor, PT. Kereta Api Indonesia menyediakan tiga rangkaian Kereta Api Komunitas Motor untuk mengangkut sepeda motor beserta pemudiknya.

Setiap rangkaian kereta terdiri dari tujuh gerbong pengangkut sepeda motor dengan kapasitas 350 unit sepeda motor dan tiga gerbong penumpang untuk 320-450 orang pemudiknya.

Kereta Api Komunitas Motor ini akan diberangkatkan dari Stasiun Kampung Bandan Jakarta menuju Surabaya melalui jalur utara: Jakarta-Semarang-Cepu-Bojonegoro-St.Pasar Turi Surabaya dengan harga tiket Rp. 200.000,-per motor dan Rp. 43.500 per penumpang, dan melalui jalur selatan: Jakarta-St.Lempuyang Yogyakarta-St.Jebres Solo-Madiun-St.Gubeng Surabaya dengan harga tiket Rp. 33.500,- per penumpang dan Rp. 200.000,- per motor. Kereta tersebut mulai diberangkatkan pada hari Selasa, 31 Agustus 2010 (H-10) pukul 21.30 WIB dan 21.40 WIB.

Harga tiket ini tentunya jauh lebih murah apabila dibandingkan pengeluaran biaya spare part, oli mesin, bensin (berkaitan dengan perjalanan jauh) serta biaya tak terduga (makan, minum, jajan di perjalanan) jika mudik dengan mengendarai sepeda motor, belum lagi menyangkut faktor keamanan. Pokoknya mudik langsung dengan mengendarai sepeda motor untuk jarak jauh lebih menguras dana, tenaga, waktu dan keselamatan.

Namun sayang, kereta khusus untuk motor pemudik ini hanya beroperasi selama 6 hari dari tanggal 31-8-2010 sampai 4-9-2010 (arus mudik) dan 19-9-2010 (arus balik).

PT. Pelni  Tak Mau Ketinggalan Sediakan Kapal Khusus Motor Mudik

Tidak mau ketinggalan langkah oleh “saudara sepupunya”, PT. Pelayaran Nasional Indonesia juga menyediakan kapal khusus pemudik bermotor. Kapal yang  dilengkapi fasilitas makan sahur dan berbuka ini akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Semarang dan Surabaya pada tanggal 7  September 2010.

Harga tiket untuk satu motor dengan dua penumpang (pengemudi dan pembonceng) sebesar Rp. 300.000,- untuk jurusan Jakarta – Semarang dan Rp. 400.000,- untuk jurusan Jakarta – Surabaya.

Walhasil untuk saudara-saudaraku yang akan mudik dan berencana membawa sepeda motor ke kampung halaman, daripada cape-cape dan berisiko di jalan, tinggal pilih mau naik kereta api atau kapal laut.

Selamat Mudik Lebaran 2010, Semoga selamat sampai tujuan. Amin

Baca Artikel Terkait:

“Gratis” >>>Download :

Satu Tanggapan to “PT. KAI Siapkan Gerbong Motor Mudik Lebaran”

  1. rivki said

    cara mendaftar mudik gratis naik kereta api bawak motor gimana ya. Kalau itu pun harus bayar berapa harganya tujuan bogor ke malang.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: