Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman AS. Benarkah…?!!

Posted by gunawank pada September 26, 2010


Setidaknya begitulah bunyi judul di halaman B3 Harian Republika, Ahad (26/9/2010). Siapapun membaca judul ini tentu akan tertawa geli , aneh…karena berdasarkan pengetahuan selama ini Candi Borobudur adalah candi Budha yang didirikan pada abad 8 Masehi (sekitar 772-778 M), sementara Nabi Sulaiman AS hidup jauh berabad-abad sebelum Nabi Isa AS atau sebelum masehi (989-931 SM). Masa sih dua hal yang terjadi pada waktu yang jauh berbeda …bisa “nyambung” ?

Namun, tidak demikian dengan KH Fahmi Basya, seorang ahli matematika Islam. Menurut beliau; benar. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa. Dalam bukunya, Matematika Islam 3, KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan Nabi Sulaiman AS. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Berdasarkan bukti-bukti yang disampaikan oleh KH Fahmi, Republika mencoba membandingkan dengan cara datang ke lokasi. Hasilnya…sebagaimana dilaporkan Syahruddin El-Fikri berikut ini:

Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan. Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.

Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman’.” (QS Al-Baqarah [2]: 248).

Kedua, pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon.

Ketiga, para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan.

Keempat, Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada. Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya.

Kelima, kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. (QS An-Naml [27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. “Jangankan burung, manusia saja ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri,” katanya menjelaskan. Ditambahkan Fahmi Basya, tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang.

Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata ‘Wana’ bermakna hutan. Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.

Ketujuh, buah ‘maja’ yang pahit. Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya.  “Tetapi, mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr.” (QS Saba [34]: 16).

Kedelapan, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata ‘su’merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan ‘Su’.

Kesembilan, Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. “Pergilah kamu dengan membawa suratku ini.” (QS An-Naml [27]: 28).  Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

Kesepuluh, bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah Candi Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. “Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman,” kata Fahmi menegaskan.

Selain bukti-bukti di atas, kata Fahmi, masih banyak lagi bukti lainnya yang menunjukkan bahwa kisah Ratu Saba dan Sulaiman terjadi di Indonesia. Seperti terjadinya angin Muson yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12), kisah istana yang hilang atau dipindahkan, dialog Ratu Bilqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32), nama Kabupaten Sleman, Kecamatan Salaman, Desa Salam, dan lainnya. Dengan bukti-bukti di atas, Fahmi Basya meyakini bahwa Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. Bagaimana dengan pembaca? Hanya Allah yang mengetahuinya. Wallahu A’lam.

Sumber: http://koran.republika.co.id/koran/0/119683/Borobudur_Peninggalan_Nabi_Sulaiman

8 Tanggapan to “Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman AS. Benarkah…?!!”

  1. xenocross said

    supaya berimbang, dipersilahkan membaca pendapat yang kontra teori diatas di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5084288
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5084288

  2. ningrum said

    saya sangt condong pada kebudayaan hindu yangmana dari gravisnya sangt mirip dengan islam. maka saya juga meyakinkan bahwasannya candi borobudur ada kaitannya dengan nabi sulaiman berdasarkan pada relief yang ada di candi tersebut

  3. Bukti sudah jelas ya Alhamdulillah ! dan di Jawa Nabi Sulaiman as disebut Bopo Sulaiman.dan Kepada KH.Fahmi semoga Allah Swt mencurahkan Rahmat-Nya atas jasa besar mengungkapkan Fakta bersejarah berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist dan Ilmu Matematika Islam-nya.dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang suka berfikir tentang ke Maha kuasaan-Nya dan ke agungan-Nya.dan semoga Shalawat dan salam tercurah berkekalan kepada Nabi Sulaiman as dan Ratu Balqis serta yang setia pada Nabi Sulaiman as. Nabi Sulaiman as adalah Nabi yang terkaya di dunia dan tidak akan ada yang akan melebihi kekayaanya baik sebelum maupun sesudahnya,oleh karenanya Nabi Sulaiman bergumam siapakah yang membutuhkanya dari rakyatnya niscaya dibantunya,dijaminnya ( makan dan minumnya),oleh karena merasa sedemikian cenderung sobong atas kekayaanya,maka Allah Swt mewahyukan akan menampilkan ikan Nun.setelah Mengumpulkan makanan sebesar bukit uhud maka Allah swt menampilkan ikan Nun dan ikan Nun memakan dengan sekali makan makanan sebanyak itu. seketika itu juga Nabi Sulaiman as. bertobat.

  4. Agama Islam yang dibawa Nabi Musa as,menurut orang nasrani dan Yahudi bukan Agama Islam,Yahudi dan Nasrani memakai Ktab Taurat buatan pendeta Samiri, Samiri sang nabi palsu jaman Nabi Musa as. diketika Nabi Musa as pergi berkhalwat ke bukit Tursina untuk menerima shuhuf-nya,si Samiri membuat ajarannya sendiri dan mengaku sebagai Nabi mengajak menyembah patung sapi yang terbuat dari Emas.dan dengan kitabnya yang disebut kitab Talmud,dan dibuat kitab talmud itu dua versi,versi pertama khusus untuk Yahudi qobalis yang menyatakan bahwa manusia lainya adalah anak Nabi Adam dari hasil persetubuhan dengan seluruh binatang yang disebut Goyyim,hanya bangsa Yahudilah keturunan Adam dan Hawa,dan umat Nasrani dibohongi dengan berketetapan beranggapan bahwa seluruh manusia yang bukan Nasrani adalah domba-doma yang sesat,sementara yahudi menganggap kaum nasrani anak Adam dengan binatang..dan Nasrani diperalat untuk memusuhi Islam dan kesemuanya itu musuh Yahudi,Bagi Yahudi kalaupun Umat Nasrani masuk agama Yahudi tetap saja binatang dan tetap disiksa Tuhan karena Kaum Nasrani masih menyembah patung salip.sementara tuhanya Yahudi adalah baphomet yakni Iblis yang diusir Allah dari Surga,dan iblis memenagkan perdebatan dengan Tuhan.thus iblis Tuhanya Yahudi qobalis,baca tuntas buku gerakan Zionisme menaklukan dunia.Yahudi Rasisme ! mengangkat dirinya tersuci dimuka bumi ini.begitu pula hal keadaan pada Nabi Sulaiman as,sementara Borobudur itu sendiri diantara reliefnya buatan Syailindra untuk simbul dua agama,yakni Hidu dari sriwijaya dan budha dari Jawa menjadilah ia Hindu-Budha.dan kedua agama ini sebelum dimodifikasi oleh ahlul kitabnya hindu dan budha juga agama samawi yakni Islam yang di bawa Nabi Nuh dan Nabi Daud.begitulah setiap jaman para Nabi ada dakjalnya,yang mengaku-ngaku Nabi pula,begitu pula dengan Islam dari musailamatul Kazab sampai ke Mirza Gulham Ahmad dan Muhammad Sadek di Indonesia.dan penghianatan serupa Ahlul kitab juga terjadi di Jazirah Arab seperti yang dilakukan ulamak-ulamak Wahabi terhadap kitab-kitab ahlussunah wal-Jama’ah.jadi pendapat KH.Fahmi benar adanya.dengan pembuktian berdasarkan Al-Qur’an dan hadist serta ilmu pengetahuan berupa Matematika Islam.seperti ilmuwan meyakini secara sayen dan teknologi membuktikan bahwa matahari akan terbit dari sebelah barat benar adanya,dan banyak orang ahirnya tadinya beragama non Islam,beralih ke pada Islam,karena berhasil membuktikan.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: