Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Dirgahayu, 2 Abad Kota Bandung

Posted by gunawank pada September 26, 2010


Bandung…..Bandung….
Bandung nelah Kota Kembang
Diriung ku gunung…heurin ku tangtung
Puseur kota nu mulya Parahiyangan
………….….

Pada tanggal 25 September 1810 Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels mengeluarkan surat keputusan tentang pembangunan sarana dan prasarana pada kawasan yang sekarang dikenal sebagai kota Bandung. Penancapan tonggak jalan di tempat yang sekarang bernama jalan Asia Afrika menjadi acuan titik nol Kota Bandung.

Bandung mendapat julukan Kota Kembang karena keasriannya yang dipenuhi berbagai macam ragam dan warna-warni bunga-bunga indah. Udaranya yang sejuk karena dipenuhi pepohonan rindang (heurin ku tangtung), persis seperti yang diungkapkan dalam syair lagu di atas.

Bandung juga dijuluki sebagi Parijs van Java, karena keindahan alamnya tadi disertai keanekaragaman wisata kuliner, mode, budaya serta keramah tamahan penduduknya.

Kini, setelah 200 tahun berlalu dan kota ini sempat berubah julukan dari kota kembang menjadi Kota Lombang serta terkenal dengan kemacetan yang mengular terutama setiap akhir pekan, Kota Bandung di bawah nahkoda  Wali Kota Dada Rosada berkeinginan menjadi Kota Dirgantara yang ramah lingkungan lewat pencanangan “Eco Town”.

Oleh karena itulah, salah satu kegiatan memperingati HUT -nya ke 2 abad diselenggarakan pameran dan atraksi Bandung Air Show di Landasan Udara (Lanud) Husein Sastranegara pada 23-26 September 2010 meski sempat diwarnai insiden jatuhnya pesawat Super Decatlon tipe 8 KCAB dengan pilot Ir. Alexander Supeli.

Mudah-mudahan program itu segera terlaksana, sehingga keindahan, kesejukkan, keramah tamahan, ketenangan yang dulu menjadi trade mark Kota Bandung lebih cepat terwujud. Amin……..

Peristiwa tragis jatuhnya pesawat Decatlon 8 KCAB
saat atraksi dalam Bandung Air Show (BAS) 2010

>>>> Download Video (GRATIS !!) <<<<

Iklan

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: