Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Drama Penyelamatan Penambang Cile

Posted by gunawank pada Oktober 14, 2010


Keberhasilan pemerintah Cile menyelamatkan dan mengevakuasi 33 orang penambang yang terjebak dalam terowongan penambangan di Copiapo, San Jose selama lebih dari dua bulan pada kedalaman 700 meter, seolah menghentakkan dunia, khususnya bagi Indonesia yang akhir-akhir ini dilanda bencana yang bertubi-tubi.

Drama operasi penyelamatan yang ditayangkan langsung lewat layar lebar, 50 km dari lokasi itu  (Hebatnya lagi…operasi selama lebih dari dua bulan itu “ditongkrongi” terus oleh Presiden yang selalu membrikan konferensi pers setiap saat) yang rencananya ditargetkan selama 2 hari berhasil dilakukan lebih cepat yakni hanya dalam 22 jam dan 30 menit . Bahkan penambang ke-32 Ariel Ticona Yanez (29 tahun) terangkat hanya dalam hitungan menit.

Pemerintah Indonesia harus belajar banyak pada keberhasilan pemerintah Cile ini dalam penanggulangan bencana, terutama masalah lumur Lapindo yang sudah bertahun-tahun belum ada titik terang penyelesaiannya.

Penambang terakhir yang berhasil diangkat adalah Luis Urzua. Pria berusia 54 tahun itupun diangkat dengan kondisi selamat. Luis Urzua berhasil sampai ke permukaan sekitar pukul 08.00 WIB, Kamis (14/10) atau pukul 22.00 Rabu waktu setempat, sebagaimana diberitakan Metrotvnews.com (14/10/2010).

Luis Urzua adalah pemimpin para penambang di San Jose. Detik – detik menantikan Luis Urzua di atas perut bumi dengan kapusl phoenix sangat menegangkan sekaligus membahagiakan. Presiden Cile Sebastian Pinera sangat terharu saat menyambut penambang terakhir itu.

Sumber:

  • Metrotvnews.com
  • Liputan6.com
Iklan

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: