Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Uji Kelayakan dan Kepatutan Yang Tidak Layak

Posted by gunawank pada Oktober 15, 2010


Kamis, 14 Oktober kemarin selama 12 jam kita disuguhi tayangan langsung rapat komisi III DPR RI dengan agenda Uji Kelayakan dan Kepatutan calon Kapolri Komjen Timur Pradopo. Seperti biasanya…hampir semua anggota komisi mengajukan bertubi-tubi petanyaan.

Lucunya…banyak pertanyaan yang justru tidak layak diajukan dalam sebuah uji kelayakan, seperti masalah kumis, pesan orangtua sampai ungkapan memuji-muji. Bahkan ada pertanyaan: “Menurut bapak apakah bapak layak menjadi Kapolri?”. Hah……..bukankah penguji itu yang harus  dan ditugaskan menilai apakah layak atau tidak, bukannya bertanya kepada yang bersangkutan.

Dari apa yang kita saksikan kemarin bisa dikatakan sidang itu tidak layak disebut sidang uji kelayakan, mungkin karena tidak mengerti apa arti uji kelayakan atau mungkin karena tidak kompeten untuk menjadi penguji.

Oleh karena itu, sesuai dengan namanya seharusnya uji kelayakan bagi calon petinggi negara dilakukan oleh orang-orang yang menguasi bidangnya dan bertindak sebagai tim independen yang dibentuk oleh Komisi III DPR khusus untuk itu, bukan langsung oleh anggota Komisi III itu sendiri. Karena disamping akan lebih terbebas dari kepentingan politik juga biayanya bisa lebih dihemat.

Selain itu, masalah waktu juga terlalu dipaksakan harus selesai dalam beberapa jam saja, sehingga banyak sekali pertanyaan yang diajukan yang tidak mendapat jawaban. Tetapi….ujung-ujungnya sepakat menerima alias puas walau pertanyaannya tidak dijawab. Seolah-olah rapat itu hanya seremonial sekedar melaksanakan undang-undang saja, sedangkan keputusannya sudah ada sebelum dilakukan.

Di sisi lain, Kapolri adalah jabatan di bawah Presiden yang pengangkatannya otomatis menjadi hak prerogatif Presiden, sehingga baik-buruknya tergantung Presiden. Sedangkan DPR tinggal mengawasi dan memantau kerjanya saja (fungsi pengawasan). Jadi Presidenlah -melalui tim propesional yang dibentuknya- yang bertanggung jawab untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

Iklan

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: