Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Cangkang Kapsul Berbahan Gelatin Dari Babi, Halalkah…?!

Posted by gunawank pada Oktober 17, 2010


Untuk membantu mempermudah dalam mengkonsumsi obat, salah satunya dibuat kemasan dalam bentuk kapsul. Di Indonesia menggunakan kapsul keras yang bahan bakunya terbuat dari gelatin.

Kapsul keras (hard capsule) merupakan pengembangan obat yang isinya dalam bentuk serbuk. Bahan baku utama untuk membuat kapsul keras adalah gelatin. Gelatin kering mengandung kira-kira 84 – 86 % protein, 8 – 12 % air , 2 – 4 % mineral, dan 9 dari  10 asam amino essensial yang dibutuhkan tubuh. Disamping itu gelatin mempunyai sifat mudah larut dengan air liur dan juga kenyal.

Umumnya gelatin diproduksi dari bahan yang kaya akan kolagen baik tulang maupun kulit. Kulit dan tulang dapat diperoleh dari hewan seperti babi atau sapi. Akan tetapi, apabila gelatin dibuat dengan menggunakan kulit atau tulang sapi akan memerlukan proses lama dan butuh bahan kimia untuk penetral lebih banyak sehingga memerlukan biaya yang sangat mahal. Sebaliknya, babi merupakan salah satu bahan baku yang sangat mudah dimanfaatkan untuk bahan baku gelatin, karena selain mudah dibudidayakan pada kondisi yang fleksibel dan kandungan kolagen dalam babi sangat besar, maka banyak perusahaan atau masyarakat yang menggunakan babi sebagai bahan baku pembuatan gelatin.

Banyaknya pembuatan gelatin dari bahan baku babi membuat sebagian orang khususnya yang beragama Islam menjadi khawatir karena jelas jika bahannya berasal dari babi, haram untuk dikonsumsi. Kekhawatiran ini semakin ditambah dengan kenyataan bahwa Indonesia sendiri tidak bisa memproduksi gelatin di dalam negeri, melainkan harus banyak mengimpor dari negara tetangga. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2007, jumlah impor gelatin mencapai 2.715.782 kg senilai 9.535.128 dolar AS (BPS, 2009).

Salah satu alternatif yang sekarang marak dikembangkan adalah membuat gelatin dengan bahan baku tulang ikan. Namun, pembuatan gelatin dari jenis ini sangat sulit dan susah untuk mencari bahan bakunya. Oleh karena itu diperlukan berbagai solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Alternatif yang dapat diambil untuk mengatasi hal ini antara lain:

  1. Indonesia harus mampu membuat sendiri gelatin dengan bahan baku yang berasal dari hewan yang halal seperti sapi, ikan dan lain-lain. Mahal tidak menjadi masalah daripada harus mengkonsumsi barang haram.
  2. Perlu dicari alternatif lain sehingga bisa mengurangi resiko mahal, seperti memanfaatkan pati dari singkong atau bahan lain yang lebih murah dan mudah diperoleh.

4 Tanggapan to “Cangkang Kapsul Berbahan Gelatin Dari Babi, Halalkah…?!”

  1. pemasalahanya yg tidak layak konsumsi itu cangkang kapsulnya,apa isi cangkanya,krn saya dengar obat2an medis jika dikonsumsi dlm jangka wkt lama,dan tipatuhi aturan maka akan sebabin kerusakan organ tubuh?!

    • gunawank said

      Cangkang maupun isi, karena terbuat dari zat anorganik, jika tertimbun dalam jumlah yang melebihi kebutuhan tubuh bisa menjadi racun bagi tubuh.

  2. Yunita said

    Gmn cara bedain capsul Dari bahan gelatin sapi dg gelatin Babi?

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: