Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Wedhus Gembel Gunung Merapi Kembali Beraksi

Posted by gunawank pada Oktober 27, 2010


Download GRATIS videonya :

Gunung merapi yang merupakan gunung api paling aktif di dunia ini, kemarin  petang (26/10/2010) sekitar pukul 17.02 WIB kembali beraksi. Sedikitnya terjadi hingga tiga kali letusan. Letusan diiringi keluarnya awan panas setinggi 1,5 meter yang mengarah ke Kaliadem, Kepuharjo. Letusan ini menyemburkan material vulkanik setinggi kurang lebih 1,5 km.

Embusan awan panas dan abu vulkanik Gunung Merapi tak hanya menewaskan puluhan orang. Hewan dan tanaman milik warga Kampung Kinahrejo, Sleman, Yogyakarta, ditemukan mati, Rabu (27/10). Beberapa binatang besar seperti sapi dan lembu mampu bertahan. Itu pun dengan kondisinya mengenaskan.

Sementara itu, korban tewas mencapai 29 orang. Sebagian ditemukan dalam kondisi melepuh. Dari tumpukan abu vulkanik, regu penyelamat menemukan potongan jari kaki di Kampung Kinahrejo.

Kehancuran akibat kekuatan wedhus gembel luar biasa dahsyat. Suhu awan panas yang disapukan puncak Merapi hingga kampung warga mencapai 500 derajat celcius.

Sejak tahun 1548, gunung merapi tercatat telah meletus sebanyak lebih dari 68 kali. Letusan-letusan Merapi yang dampaknya besar antara lain di tahun  1006, 1786, 1822, 1872 dan 1930. Letusan besar pada tahun 1006 membuat seluruh bagian tengah Pulau Jawa diselubungi abu. Diperkirakan, letusan tersebut menyebabkan kerajaan Mataram Kuno harus berpindah ke Jawa Timur. Letusannya di tahun 1930 menghancurkan 13 desa dan menewaskan 1400 orang. Letusan pada November 1994 menyebabkan hembusan awan ke bawah hingga menjangkau beberapa desa dan memakan korban puluhan jiwa manusia. Letusan 19 Juli 1998 cukup besar namun mengarah ke atas sehingga tidak memakan korban jiwa. Catatan letusan terakhir gunung ini adalah pada tahun 2001-2003 berupa aktivitas tinggi yang berlangsung terus-menerus.

Terahir kali gunung merapi meletus pada bulan Juni 2006, yaitu pada tanggal 15 Mei dan 8 Juni dengan semburan awan panas sejauh 5 km lebih mengarah ke hulu Kali Gendol (lereng selatan) dan menghanguskan sebagian kawasan hutan di utara Kaliadem di wilayah Kabupaten Sleman.

Sumber:

  • Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  • Metrotvnews.com
Iklan

Satu Tanggapan to “Wedhus Gembel Gunung Merapi Kembali Beraksi”

  1. […] Wedhus Gembel Gunung Merapi Kembali Beraksi […]

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: