Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Tips: Cara Menghadapi Musibah

Posted by gunawank pada November 1, 2010


“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan.
Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”.
(QS.Al-Baqarah: 155)

Musibah atau bencana yang menimpa manusia berdasarkan tujuannya dapat diklasifisikasikan menjadi 3 macam, yaitu apabila ditimpakan kepada orang-orang yang beriman dikategorikan sebagi bala atau ujian. Yakni melalui musibah tersebut Allah ingin meningkatkan derajat keimanan hambanya. Sudah barang tentu bagi lulus dalam menghadapi ujian tersebut.

Apabila musibah itu ditimpakan kepada orang-orang fasik, yaitu orang-orang yang rusak imannya karena banyak berbuat maksiat, melanggar larangan Allah, maka musibah tersebut termasuk kategori teguran. Melalui musibah itu Allah ingin menegur manusia agar menyadari kesalahannya dan kemudian memperbaikinya.

Sedangkan apabila ditimpakan kepada manusia-manusia yang ingkar, orang-orang kafir termasuk azab atau siksa atas kekufurannya dan sebagai gambaran bahwa mereka akan mendapat siksa yang jauh lebih dahsyat di akhirat kelak.

Untuk kategori pertama dan kedua, salah satu kuncinya adalah sabar . Jika merka sabar dalam menerima musibah tersebut maka termasuk orang-orang yang lulus dalam ujian dan akan meningkat derajat keimanannya. Mereka inilah yang akan mendapat kabar gembira dari Allah SWT atas prestasinya itu. Tetapi bila tidak, maka mereka termasuk manusia yang merugi.

Lalu bagaimana bentuk sabar yang dimaksud…?

Dalam ayat berikutnya Allah menjelaskan arti orang-orang yang bersabar sebagaimana firman-Nya yang artinya: “(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” (QS. Al-Baqarah: 156)

Berdasarkan ayat di atas dapat disimpulkan bahwa sabar dalam menghadapi musibah adalah menerima dan berkeyakinan bahwa musibah tersebut terjadi atas kehendak Allah dan apapun yang terjadi semuanya datang dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.

Dengan kata lain agar kita selamat dalam menghadapi musibah, dalam arti selamat jiwa, raga dan yang terpenting selamat aqidah adalah lisan mengucapkan kalimah “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”, sementara hati membenarkannya dengan keyakinan bahwa semuanya datang dari Allah dan semuanya pula akan kembali kepada-Nya. Artinya ketika dalam musibah tersebut terjadi kehilangan harta, yakinkan bahwa asalnya juga kita tidak punya sesuatu apapun karena semuanya yang kita miliki itu hanya pemberian Allah dan sekarang melalui musibah tersebut kita kembali tidak punya harta, yakin itu karena diambil kembali oleh Sang Pemilik, Allah SWT.

Dengan demikian jiwa kita akan selamat dari goncangan jiwa akibat hilangnya harta, orangtua, anak, faimili dan segala sesuatu yang kita cintai. Raga kitapun akan selamat karena tidak akan memaksakan diri untuk tetap bertahan dirumah atau kembali ke rumah setelah berada di lokasi pengungsian hanya karena untuk menyelamatkan harta. Aqidah juga akan selamat sehingga tidak akan menyalahkan siapapun termasuk diri sendiri terkait musibah tersebut, justru sebaliknya akan meningkatkan keimanan dan kualitas ibadah kepada-Nya.

Wallahu A’lam

Iklan

4 Tanggapan to “Tips: Cara Menghadapi Musibah”

  1. […] Tips Cara Menghadapi Musibah […]

  2. cold4hands said

    Yup, betul sekali bro Gunawank,. Kalau dibandingkan dengan ini, post saya yang http://cold4hands.wordpress.com/2011/04/07/tips-cara-memecahkan-dan-menyelesaikan-masalah/ memang berbeda bro,. Disini dijelaskan bagaimana menghadapi permasalahan atau musibah dengan kesabaran dan maksud dari musibah itu sendiri dilihat dari segi religi Islami,. Kalau dipikir-pikir, memang kesabaran akan membuat kita lebih tenang dan dapat berpikir logis karena pikiran kita jernih, tidak dipenuhi oleh prasangka, dan kedengkian yang dapat merusak akal sehat,. Terima kasih, nice share bro,.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: