Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Fenomena Mbah Marijan; Pertanda Indonesia Minim Tokoh Panutan Nasiona…?!

Posted by gunawank pada November 2, 2010


Tulisan ini tidak bermaksud mengecilkan ketokohan Mbah Marijan yang sama-sama kita akui beliau sebagai sosok yang memiliki komitmen tinggi terhadap tugas yang telah diamanatkan kepadanya. Atas komitmen dan tanggungjawabnya itulah beliau rela mempertaruhkan nyawa sekalipun.

Terlepas dari kontroversi menanggapi sikap beliau yang tidak mau mengungsi bersama warga lainnya, tetapi -sekali lagi- yang perlu diapresiasi adalah alasan beliau yang lebih mengarah ke besarnya rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diembanya yaitu sebagai juru kunci. Ini terlihat dari pernyataan beliau sebagaimana diberitakan Republika.co.id (27/10/2010):

Saya masih betah tinggal di tempat ini. Jika saya pergi mengungsi, lalu siapa yang mengurus tempat ini,” kata pria yang menyandang juru kunci Gunung Merapi sejak 1982 di kediamannya, Senin (25/10).

Namun demikian, Mbah Maridjan meminta warga menuruti imbauan pemerintah untuk mengungsi dan memohon keselamatan pada Tuhan agar tidak terjadi yang sesuatu yang tidak diinginkan jika Merapi benar-benar meletus. “Saya minta warga untuk menuruti perintah dari pemerintah dan memanjatkan doa kepada Tuhan agar diberi keselamatan dan Merapi tidak ‘batuk’,” kata pria yang memiliki tiga anak itu.

Dari sisi ini wajar apabila sebagian masyarakat kemudian menempatkan sebagai tokoh yang patut diteladani.

Namun apa yang terjadi setelah beliau wafat…? Tayangan media massa, khususnya media elektronik memang bagi sebagian masyarakat terkesan “berlebihan”, seolah-olah bangsa Indonesia telah kehilangan seorang “tokoh nasional”. Padahal kita tahu bahwa beliau hanyalah “tokoh lokal”, sebagi juru kunci keraton Yogya yang berada di Gunung Merapi.

Justru fenomena inilah yang menarik untuk dicermati. Prilaku sebagian masyarakat yang terkesan “berlebihan” ini justru jangan-jangan merupakan sinyal, sebagi pertanda “kerinduan” bangsa ini terhadap sulitnya “mencari” tokoh nasional yang dapat dijadikan sebagai “Tokoh Panutan” bagi masyarakat.

Iklan

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: