Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Believe it or Not: Pohon Abadi Mampu Hidup Ribuan Tahun

Posted by gunawank pada November 3, 2010


Pohon Abadi (African baobab) atau penduduk setempat menyebutnya Pohon Tambleg merupakan pohon asal Afrika. Saat ini terdapat lima pohon yang telah berusia 150 tahun yaitu di areal PT Sang Hyang Seri di Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Rencananya kelima pohon berukuran raksasa itu akan dipindahkan ke areal kampus Universitas Indonesia (UI) Depok.

“Pohon ini merupakan pohon masa depan. Pohon yang bisa menjadi harapan bagi bangsa dan negara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di masyarakat,” kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Subang, Jabar, Selasa (2/11), sebagaimana dilaporkan Liputan6.com, Rabu (3/11/2010).

Pohon abadi bisa bertahan hidup ribuan tahun tanpa terganggu oleh benalu. Bahkan setelah terbakarpun pohon ini masih dapat hidup. Pohon langka ini jika dilihat seperti pohon bonsai raksasa karena pertumbuhan batang yang melebar hingga mampu mencapai diameter enam meter dan mampu hidup hingga ribuan tahun.

Dari hasil riset, pohon african baobab ternyata memiliki kandungan nutrisi dan kalsium yang amat tinggi. Bahkan, buah, daun, dan kulitnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pangan serta obat obatan. “Buahnya mengandung vitamin C dan nutrisi serta kalsium. Bunganya cantik, daunnya bisa dibuat sayur atau lalapan, dan baik untuk riset, lanjut pak Rektor.

 

Iklan

2 Tanggapan to “Believe it or Not: Pohon Abadi Mampu Hidup Ribuan Tahun”

  1. uun said

    saya lahir dan dibesarkan dilokasi tersebut, cerita ayah dan kakek saya bahwa ketika mereka disana pada tahun 50-an, tanaman tersebut sudah ada!…kami warga disana mengenalnya dengan sebutan POHON ASEM BUTA, karena begitu besar lingkar badan pohon tersebut!…selama itu kami tidak pernah tahu akan kehasiatan dan manfaat pohon tersebut!, yang kami tahu hanya tempat bermain ketika siang hari, dan jika sudah malam hanya menyisakan gambar siluet dari seorang raksasa yang kami kenal dengan sebutan BUTA (sejenis burisrowo).
    Sungguh kebesaran ALLAH SWT saja yang akhirnya pada hari ini kami mengetahui betapa pohon ini ternyata punya banyak kemanfaatan…benarlah jika ada pribahasa yang mengatakan “yang dekat itu tidaklah tampak”…jika saja bisa memutar waktu,mungkin sejak dahulu sudah kami mencoba melestarikan!, tapi ya sekedar “bila saja!”!
    Selamat kepada dunia ke ilmuan UI yang ternyata begitu peduli,(padahal dilokasi pohon ini tumbuh banyak loh cendikiawan dari IPB, kenapa tidak pernah diberitakan ya?), semoga pohon ini bermanfaat seperti namanya sekarang POHON MASA DEPAN!

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: