Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Perlukah Presiden Berkantor Di Yogya Untuk Tanggulangi Bencana Merapi…?

Posted by gunawank pada November 6, 2010


Sejak Jum’at malam (5/11/2020) Presiden beserta rombongan berangkat dari Jakarta dengan menggunakan pesawat menuju Bandara Ahmad Yani, Semarang yang kemudian meneruskan perjalanan melalui darat menuju Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, untuk mendengarkan paparan dari Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Selanjutnya Presiden akan berkantor di Yogyakarta sampai waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini diambilnya agar dapat mempercepat pengambilan keputusan dalam penanggulanagan bencana merapi.

Perlukah tindakan tersebut dilakukan Presiden…?  Tidakkah cukup Menteri, Gubernur, Bupati atau badan-badan terkait yang harus bekerja di lapangan?

Ketua Konsorsium Pengurangan Resiko Bencana Dadang Sudardja mengatakan Presiden tak perlu berlebihan seperti itu (TRIBUN-TIMUR.COM, 5/11/2010).

“Tidak perlulah Presiden sampai berkantor di Yogya. Sangat lucu kalau Presiden memutuskan begitu. Biasanya ketika pejabat negara datang, birokrasi kan jadi persoalan baru di lokasi bencana, harus mempersiapkan ini itu,” ungkapnya kepada Kompas.com, Jumat (5/11/2010).

Keputusan Presiden ini, lanjutnya, justru menunjukkan sistem komunikasi dan koordinasi pemerintah pusat, pemerintah daerah dan instansi-instansi terkait tidak berlangsung dengan baik.

Dadang mengatakan Presiden sebenarnya cukup berkantor di ibukota untuk memastikan semua langkah penanganan bencana berlangsung dengan baik dan benar.

“Kan sudah ada pemerintah daerah, BNPB, dinas-dinas dan instansi lainnya. Yang penting respon Presiden itu kan untuk mengatakan ini waspada nasional dan memastikan semua instansi melakukan tugasnya dengan baik,” katanya.

Kalau keputusan itu dianggap tepat, bagaimana dengan korban bencana Mentawai…? Lumpur Lapindo…….?!!!

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: