Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Cermati Dampak Negatif Pembelian Ternak Korban Merapi Oleh Pemerintah

Posted by gunawank pada November 9, 2010


Dalam konferensi pers di Istana Negara, Presiden menyatakan akan membeli hewan ternak milik para pengungsi korban Merapi dengan tujuan mencegah para pengungsi mondar-mandir ke rumah mereka yang salah satu alasannya untuk memberi makan ternak mereka.

Tak tanggung-tanggung pemerintahpun menyiapkan dana 100 milyar rupiah untuk membeli ternah tersebut, sebagaimana disampaikan Menteri Pertanian Siswono, Jum’at (5/11/2010).

Tentunya kita semua mendukung langkah baik tersebut sesuai dengan semangat dan tujuannya yang mulia mencegah pengungsi kembali ke tempat tinggal mereka yang dinyatakan berbahaya sehingga bertambahnya jumlah korban dapat dicegah.

Namun tujuan baik ini tidak serta merta membuahkan hasil baik juga, bahkan bisa kontra produktif apabila tidak disiapkan langkah-langkah pelaksanaan dan antisipasinya dengan perencanaan yang baik pula. Bila tidak akan muncul hasil sebaliknya, seperti:

  1. Para pengungsi justru akan berusaha menyelamatkan ternak mereka dengan berlomba-lomba pulang menjemput ternaknya.
  2. Munculnya para spekulan yang tidak bertanggungjawab dengan cara mencuri ternak orang lain demi mendapatkan uang.
  3. Birokrasi yang berbelit sehingga memperlambat realisasi atau bahkan sering dalam beberapa kasus dana tidak sampai ke sasaran.
  4. Setelah dibeli mau diapakan oleh pemerintah, karena bila tidak disiapkan dengan matang bisa jadi hewan tersebut jadi milik oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

4 Tanggapan to “Cermati Dampak Negatif Pembelian Ternak Korban Merapi Oleh Pemerintah”

  1. Auditia said

    tujuan pemerintah untuk membeli ternak-ternak milik warga yang terkena bencana baik namun alangkah lebih baik jika ternak yang sudah mati juga ikut di beli untuk menggantikan ternak masyarakat agar warga dapat usaha dengan ternak yang baru yang sudah di ganti oleh pemerintah. menurut saya ternak-ternak yang masih hidup alangkah lebih baik di ungsikan saja yang nantinya dapat digunakan kembali oleh peternak di lingkungan tersebut dan tidak menimbulkan kontroversi yang tidak baik. masyarakat sekitar bencana nantinya masih dapat digunakan beternak kembali dan mungkin ada yang usaha untuk mengolah hasil ternaknya.

  2. auditia said

    dana yang disiapkan oleh pemberintah untuk membeli hewan ternak yang masih hidup baik namun lebih baik juka pemberintah mengganti hewan ternak yang sudah mati agar masyarakat dapat beternak kembali dan dapat mengolah hasil ternak untuk usaha mereka

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: