Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Gus Dur Memang Luar Biasa; Tetap Dapat Menghidupi Orang Lain Meski Sudah Wafat

Posted by gunawank pada November 25, 2010


Sejak wafat tanggal 30 Nopember 2009, satu tahun yang lalu sampai dengan hari ini makam almarhum KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur selalu ramai dikunjungi para peziarah.

Menurut KH. Salahuddin Wahid, adik kandung beliau yang kini memimpin Pondok Pesantren Tebuireng , setiap hari ada sekitar 2.000 peziarah dan meningkat menjadi sekitar 7.000 peziarah pada hari Sabtu/ Ahad dan hari libur. Dalam bulan Agustus 2010, menjelang Ramadan, banyak sekali peziarah yang datang.

Ini menunjukkan bahwa masyarakat tetap menghormati beliau meski beliau telah tiada. Suatu penghormatan yang tulus tanpa rekayasa ini tentunya muncul karena jasa beliau semasa hidup yang dapat dirasakan masyarakat.

Efek lain dari banyaknya peziarah yang berkunjung ke makam beliau memberikan dampak positif bagi perekonomian bagi masyarakat warga Jombang. Bahkan lebih dari itu, konon menurut pengakuan KH. Solahuddin Wahid pemerintah pusat akan mengalokasikan dana sebesar Rp 180 milyar untuk membuat tempat parkir bagi bis, mobil, dan sepeda motor yang membawa ribuan peziarah. Di tempat itu juga akan dibangun tempat istirahat sopir, tempat berjualan oleh-oleh dan makanan, mushala, kamar mandi, pos keamanan, dll. Pembebasan tanah saat ini sedang dalam proses. Rapat koordinasi di bawah Menko Kesra telah setuju untuk membangun semacam museum yang diberi nama “Rumah Islam Nusantara Hasyim Asy’ari” yang di dalamnya terdapat Perpustakaan Abdurrahman Wahid.

Jumlah terbesar (sekitar 70 %) dari anggaran Rp180 miliar itu disediakan untuk memperlebar jalan antarkota dan jalan di dalam Kabupaten Jombang. Langkah itu dilakukan karena ingin meningkatkan pelayanan terhadap para peziarah yang jumlahnya bisa mencapai lebih dari sejuta orang per tahun, juga untuk meningkatkan kegiatan perekonomian Kabupaten Jombang.

Bila rencana ini terlaksana, betapa banyak masyarakat yang akan mendapat sumber pencaharian baik sebagai pedagang, tukang parkir, supir, pengusaha angkutan, sampai pekerja proyek dan lain-lain, (washilahnya) berkat adanya makam Gus Dur di Jombang ini. Dengan kata lain, berapa banyak orang yang dihidupi oleh Gur Dur yang telah meninggal ini.

Satu Tanggapan to “Gus Dur Memang Luar Biasa; Tetap Dapat Menghidupi Orang Lain Meski Sudah Wafat”

  1. […] Gus Dur Memang Luar Biasa; Tetap Dapat Menghidupi Orang Lain Meski Sudah Wafat […]

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: