Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Batal Lagi, Pembatasan Subsidi BBM Jenis Premium

Posted by gunawank pada Desember 4, 2010


Kebijakan pemerintah untuk mengurangi pemberian subsidi BBM telah direncanakan sejak lama. Namun eksekusi dari kebijakan tersebut sampai saat ini masih belum pasti kapan mulai diberlakukan.

Dalam dua tahun terakhir saja, pemerintah tercatat telah berkali-kali mengumumkan akan dilaksanakan…tetapi berkali-kali pula dibatalkan. Semula pembatasan penggunaan BBM jenis premium untuk pengguna jenis kendaraan tertentu akan diberlakukan bulan Juli 2010, tetapi diundur pada bulan Oktober 2010, dan sekarang diundur lagi hingga 1 Januari 2011 untuk kendaraan plat hitam di wilayah Jabodetabek.

Pada prinsipnya setuju dilakukan pengurangan atau bahkan pencabutan subsidi BBM dilakukan, namun pertanyaannya:

  1. Akan dialokasikan untuk apa dana ex subsidi BBM tersebut ? Karena jangan sampai masyarakat (kecil khususnya) rela menerima konsekwensi buruk akibat pencabutan subsidi tersebut, seperti harga-harga akan naik, ekonomi biaya tinggi dan sebagainya, tetapi dana tersebut malah digunakan untuk pembiayaan proyek-proyek besar yang tidak dirasakan langsung dampaknya oleh rakyat kecil, bahkan cenderung rawan terjadi praktek-praktek korupsi.
  2. Sejauh mana kesiapan pemerintah untuk mengawasi pelaksanaan larangan penggunaan premium bagi kendaraan plat hitam tersebut. Karena bila pengawasan lemah akan terjadi manipulasi di lapangan, seperti “angkot” karena sulitnya cari penumpang akan memilih “jualan” premium alias kuli beli premium, atau beli premium untuk mobilnya dengan cara mengisi penuh sepeda motor milikinya atau milik tkang ojek, dan lain-lain.
  3. Kalau diberlakukan untuk kendaraan plat hitam, bagaimana dengan plat merah yang sudah rahasia lagi bahwa pemakaian untuk keperluan pribadi jauh lebih tinggi dibandingkan untuk urusan dinas.
  4. Bagaimana sanksinya bagi yang melanggar agar timbul efek jera ? Bagaimana pula dalam tataran pelaksanaannya di lapangan ? Jangan sampai sanksi berlaku hanya untuk kelompok masyarakat tertentu saja sementara kelompok masyarakat lainnya (baca: elit, berduit) sanksi tidak berlaku, seperti halnya pada peraturan-peraturan lainnya.
  5. Bagaimana caranya untuk membedakan antara plat kuning asli dan plat kuning palsu ? Dan siapa yang melakukan pengawasan tersebut ? Karena bila diserahkan kepada petugas SPBU akan terjadi antrian panjang.
  6. Dan lain-lain………Wallahu a’lam.
Iklan

4 Tanggapan to “Batal Lagi, Pembatasan Subsidi BBM Jenis Premium”

  1. GusPur said

    Pertamax plus….

  2. GusPur said

    Memang banyak sekali masalah yang akan timbul dengan adanya pengurangan subsidi BBM tersebut, dan apakah pemerintah sudah mengantisipasinya…..?

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: