Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Fenomena Kemenangan Timnas Garuda; Ibu-ibupun Mendadak Senang Bola

Posted by gunawank pada Desember 20, 2010


Kemenangan demi kemenangan yang diraih Tim Nas PSSI Garuda pada ajang Piala AFF 2010, khususnya di lima laga terakhir: Menggilas Malaysia dengan skor 5-1, mencukur Laos 6-0, memupus harapan Thailan 2-1 dan mengkandaskan Filipina di semi final dengan skor 1-0 dan 1-0 tak ayal menimbulkan euforia luar biasa dalam dunia sepak bola nasional.

Hal ini tampak jelas dari animo masyarakat untuk mendukung Tim Garuda menjelang laga semi final melawan Filipina baik pada leg pertama maupun leg kedua. Berbagai cara dilakukan untuk dapat menyaksikan laga tersebut baik dengan “mengepung” Gelora Bung Karno Senayan maupun dengan mengadakan acara nonton bareng melalui layar kaca, baik yang konvensional maupun menggunakan layar lebar.

Bukan hanya kaum laki-laki yang mengalami euforia tersebut; bahkan ibu-ibu, anak-anak, gadis, pejabat, artis sampai nenek tumpah ruah menyaksikan pertandingan ini. Bahkan ibu hamilpun ada yang memaksakan diri hadir langsung di Senayan.

Bahkan terjadi fenomena yang sangat menarik, “rebutan TV” yang sering terjadi antara bapak yang hobi nonton bola dengan ibu yang pecinta sinetron dan anak yang ingin nonton film kartun…tidak terjadi pada  malam Jum’at (16/12) dan Senin (19/12) . Semuanya mendadak rukun nonton bareng kedua laga semi final Piala AFF tersebut.

Demikian pula, fenomena “kerukunan” ini terjadi antar suporter klub yang selama ini sering bentrok dan tawuran, pada malam itu benar-benar bersatu. Mudah-mudahan…..bangkitnya rasa nasionalisme ini terus berlanjut meski perhelatan Piala AFF 2010 ini. Begitu pula dengan prestasi Timnas dan tim-tim dalam cabang lainnya. Semoga….Aminnnnn………………!!!

4 Tanggapan to “Fenomena Kemenangan Timnas Garuda; Ibu-ibupun Mendadak Senang Bola”

  1. HERI SUTRISNO said

    PER SEPAK BOLAAN INDONESIA BELUM BISA DIKATAKAN ADA PERUBAHAN ,TER BUKTI DGN KEKALAHAN TIMNAS BARU2 INI MELAWAN MALAYSIA DI BUKIT JALIN,SELALU MEMBUAT KECEWA PENDUKUNGX,TIBA2 TIMNAS BERUBAH MENJADI PERMAINAN SEPAK BOLA KAMPUNG.KASIAHAN PELATIHX YG DILATIH MEMANG BENAR2 PEMAIN2 BODOH,SAMPAI KAPAN PEMAIN2 INDONESIA BISA MAJU DLM BER SEPAK BOLA.SAYA SDH TDK MW LAGI NONTON TIMNAS RUGI MATA SAMPAI MELOTOT

    • gunawank said

      Dari segi teknik sebenarnya sudah terlihat perubahan, terbukti dari kemenangan yang diraih sampai babak semi final. Tapi satu hal yang belum berubah….mental!!!

      Terima kasih komentarnya, mudah-mudahan menjadi bahan masukan buat timnas.

  2. me said

    ngga rugi berdesakan nonton timnas di GBK menarik sih dan detik terakhir menegangkan..!! Selamat buat Timnas Garuda semoga bisa berjaya di piala dunia 2014, amin

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: