Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Mengenal Sinar Laser

Posted by gunawank pada Desember 27, 2010


Green Laser Pointer, sinar laser hijau yang diarahkan ke para pemain Indonesia oleh suporter Malaysia diduga kuat yang mengacaukan konsentrasi Indonesia. Demikian pula terjadi saat Malaysia menjamu Vietnam pada laga semifinal yang melahirkan protes dari kubu Vietnam. Akibatnya…sinar laserpun mulai banyak yang memperbincangkannya.

Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation. Laser merupakan mekanisme suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik, biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat lihat dengan mata normal, melalui proses pancaran terstimulasi. Pancaran laser biasanya tunggal, memancarkan foton  dalam pancaran koheren. Laser juga dapat dikatakan efek dari kekanika kuantum.

Sejak diperkenalkannya laser pada tahun 1960, sebagai sebuah penyelesaian suatu masalah, maka dalam perkembangan berikutnya laser telah digunakan secara meluas, dalam bermacam-macam aplikasi modern, termasuk dalam bidang optik, elektronik, optoelektronik, teknologi informasi, sains, kedokteran, industri dan militer.  Secara umum, laser dianggap suatu pencapaian teknologi yang paling berpengaruh dalam abad ke-20.

Umumnya laser beroperasi dalam spektru tampak pada frekuensi sekitar 1014 Hertz-15 Hertz atau ratusan ribu kali frekuensi gelombang mikro. Pada awalnya peralatan penghasil sinar laser masih serba besar dan merepotkan. Selain tidak efisien, ia baru dapat berfungsi pada suhu sangat rendah. Sinar laser yang dihasilkan belum terpancar lurus. Pada kondisi cahaya sangat cerah pun, pancarannya gampang meliuk-liuk mengikuti kepadatan atmosfer. Waktu itu, sebuah pancaran laser dalam jarak 1 km, bisa tiba di tujuan akhir pada banyak titik dengan simpangan jarak hingga hitungan meter.

Sinar Laser adalah sinar dengan panjang gelombang khusus berwarna hijau atau merah yang dapat menjelajah 30 sampai 50 meter. Sinar tersebut meski sangat kecil diameternya tetapi sangat tajam dan sangat menyilaukan mata. Terdapat beberapa jenis laser pointer, di antaranya berwarna hijau dan merah. Pointer laser warna hijau mempunya kekuatan lebih besar dibandingkan yang merah. Bila sinar merah hanya bisa mencapai beberapa meter saja, tetapi sinar hijau sangat kuat bisa mencapai 30 sampai 50 meter.

“Green Pointer Laser” sebagai sumber sinar laser tersebut sangat kecil. Besarnya sebesar ballpoint sehingga sulit dideteksi pihak kemanan dalam mencegahnya masuk ke stadion. Pointer laser hijau buatan Cina itu di pasaran mudah didapat, dijual sekitar 150 sampai 500 ribu rupiah tergantung jenis dan kualitasnya

Beberapa kelebihan laser diantaranya adalah kekuatan daya keluarannya yang amat tinggi sangat diminati untuk beberapa applikasinya. Namun demikian laser dengan daya yang rendah sekalipun (beberapa miliwatt) yang digunakan dalam pemancaran, masih dapat membahayakan penglihatan manusia, karena pancaran cahaya laser dapat mengakibatkan mata seseorang yang terkena mengalami kebutaan dalam sesaat atau tetap.

***Sumber: mediaanakindonesia.wordpress.com

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d blogger menyukai ini: