Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Kemenangan Indonesia di Ajang Piala AFF 2010

Posted by gunawank pada Desember 30, 2010


Timnas Garuda berhasil memenangkan laga final piala AFF 2010 Leg 2 lawan tim Harimau Malaya di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Rabu malam (29/12/2010) dengan skor 2-1, namun tidak berhasil meraih juara pertama karena pada pertandingan sebelumnya pada Leg 1 di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur (Minggu malam, 26/12/2010) timnas dikalahkan Malaysia dengan skor telak 0-3 sehingga kalah agregat gol: 2-4.

Meski gagal meraih juara (sehingga dijuluki “Spesialis Runner Up”), Timnas berhasil meraih kemenangan di sisi lain yang tidak kalah pentingnya dari sekedar juara Piala AFF, yaitu:

  1. Berhasil meraih simpati masyarakat Indonesia. Terbukti dengan membludaknya penonton di GBK setiap kali Timnas tanding, bahkan sampai melimpah ruah di luar stadion.
  2. Berhasil merubah citra sepak bola Indonesia yang selama ini dipandang sebelah mata alias cenderung “dicuekin” oleh masyarakat, menjadi cabang olah raga yang digandrungi bukan saja oleh kaum pria tetapi juga oleh kaum hawa, bahkan hampir seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak-anak sampai manula, dari rakyat jelata sampai pejabat tinggi negara, termasuk para politkus dan kalangan artis/selebritis.
  3. Berhasil menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebangsaan yang sangat tinggi, sehingga semua berbicara dengan satu kata “Indonesia” dan semuanya bersatu demi nama baik bangsa.
  4. Berhasil menumbuhkan persatuan, baik antar daerah, antar suporter klub yang selama ini sering diwarnai bentrok dan kerusuhan walau hanya karena masalah sepele: saling ejek, kalah bertanding dan sejenisnya, bahkan mampu menciptakan kerukunan antara bapak, ibu dan anak yang selalu berebut pesawat televisi karena perbedaan tontonan yang disenangi.
  5. Lambang negara Burung Garuda yang selama ini hampir dilupakan bangsa ini, berhasil kembali melekat di hati setiap anak bangsa menjadi perekat yang mempersatukan seluruh elemen masyarakat.
  6. Menumbuhkan semangat sportifisme dalam olahraga, khususnya bagi penonton. Terbukti kekhawatiran akan terjadinya kerusuhan jika Timnas gagal jadi juara, tidak terbukti. Padahal selama ini sepakbola Indonesia identik dengan kerusuhan penontonnya.

Mudah-mudahan fenomena ini tidak hanya berjalan sesaat, tetapi terus berlanjut baik dalam sepakbola atau olah raga pada umunya, di bidang ekonomi, politik dan sosial kemasyarakatan.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: