Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Sejumlah PR Menanti Penyelesaian di Tahun Baru 2011

Posted by gunawank pada Januari 5, 2011


Hingar bingar dalam acara menyambut tahun baru 2011 bergemuruh di seantero daerah di Nusantara. Pesta kembang apipun  terlihat lebih semarak  dibandingkan tahun sebelumnya. Pertanda bahwa ekonomi lebih baik ?!!!

Entahlah………! Buktinya masih banyak rakyat negeri ini yang tidak mampu membeli beras sehingga berhari-hari harus cukup makan Nasi Tiwul, bahkan harus rela menerima kenyataan ditinggal anggota keluarganya untuk selamanya karena meninggal akibat kelaparan dan harus berurusan dengan polisi pula, seperti apa yang terjadi pada keluarga Siti Sunayah, warga Desa Jebol, Jepara, Jawa Tengah. Ia tak menyangka nasi tiwul buatannya berujung kematian enam buah hatinya di waktu yang nyaris bersamaan (Metrotvnews.com, 4/1/2011).

Lebih dari itu, tercatat sejumlah “Pekerjaan Rumah” pemerintah yang mengantri penyelesaiannya di awal tahun 2011 ini karena tidak dapat dituntaskan sampai tahun 2010 berakhir. Bukan karena tidak dikerjakan, tetapi… karena tidak adanya ketegasan dan sportivitas dalam penangannya.

Kasus-kasus yang memerlukan ketegasan pemerintah dalam penagannya antara lain:

  1. Masalah konflik intra agama, yaitu berlarut-larutnya penyelesaian kasus Ahmadiyah.
  2. Masalah hukum dan korupsi seperti mega kasus Bank Century, kasus Susno Duaji, Anggoro, Anggodo, Gayus Tambunan dan lain-lain
  3. Maslah politik antara lain konflik sekretariat bersama, status keistimewaan Yogyakarta, konflik pilkada dan lain-lain
  4. Masalah penuntasan kemiskinan, pengangguran, TKW dan sejenisnya.

Kasus-kasus di atas tak dapat terselesaikan antara lain karena tidak adanya sikap sportif alias arogan pejabat penyelenggara negara, seperti sikap enggan minta maaf kalau berbuat salah apalagi turun dari jabatan. Sebaliknya yang ada justru selalu berusaha mencari kambing hitam.

Seharusnya mereka, para pejabat ini mau belajar kepada apa yang dilakukan suporter Timnas Garuda yang meskipun tim kesayangannya tidak berhasil meraih juara tetapi merasa puas dengan penampilan dan kerja keras para pemain, sehingga tidak terjadi amuk masa karena kecewa atau tindakan pembalasan terhadap ulah suporter Malaysia di Stadion Bukit Jalil (tidak seperti yang dikhawatirkan jajaran kepolisian sehingga menyiapkan pengamanan yang super berlebihan).

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: