Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Fenomena Kematian Masal Ikan dan Burung Pada Pergantian Tahun 2010/2011

Posted by gunawank pada Januari 8, 2011


Heboh pemberitaan tentang kematian masal secara mendadak ratusan ribu ikan di Amerika Serikat serta ribuan burung di Amerka Serikat, Swedia dan Italia pada pergantian tahun 2010 ke 2011 merupakan fenomena alam yang langka terjadi.

Sebagaimana diberitakan Metrotvnews (Selasa, 4/1/20110),  pada 30 Desember 2010 ditemukan sekitar  100.000 ekor ikan mati di sepanjang 20 mil Sungai Arkansas di dekat satu bendungan di Ozark, 125 mil di sebelah barat Beebe.  Pejabat  Komisi Perburuan dan Perikanan Arkansas, Keith Stephens mengatakan: “Penyakit mungkin adalah penyebabnya, sebab semua ikan tersebut berasal dari satu jenis –bottom-feeding drum”.

Pada malam tahun baru 2011, sekitar 5 ribu burung blackbird sayap merah (Agelaius phoeniceus) dan starling (Sturnidae) tiba-tiba jatuh dari langit dalam keadaan mati di area seluas 1,6 kilometer di wilayah Beebe, Barat Laut Little Rock,   Arkansas Amerika. Para ahli ilmu biologi meyakini kematian burung-burung tersebut terkait stres, baik akibat kembang api yang banyak dinyalakan ataupun akibat cuaca.

Menurut ahli burung Karen Rowe, burung-burung itu ketakutan mendengar suara ledakan kembang api sehingga terbang berhamburan. Burung jenis ini buta di malam hari akibatnya mereka menabrak benda-benda di depannya. Mulai dari rumah, papan penunjuk jalan, hingga papan ring basket. “Bahkan sebagian menabrak truk,” ujarnya seperti dikutip dari laman USA Today, Kamis 6/1/2010 (Tempo Interaktif, 6/1).

Di Kota Faenza di Italia utara, pada Jum’at (7/1/2011) ditemukan 300 bangkai burung dan selama kurun waktu lima hari telah ditemukan lebih dari 1.000 burung yang tergeletak mati di sejumlah tempat di Kota tersebut. Burung-burung tersebut terdiri dari burung dara, burung merpati dan jenis burung lainnya. Pada bangkai hewan-hewan tersebut ditemukan semburat biru pada paruh mereka. Menurut para ilmuwan, hal tersebut mengindikasikan keracunan ataupun hypoxia yang berarti kekurangan oksigen sehingga bisa membuat bingung hewan-hewan. (DetikNews, 8/1/2011).

Sementara Metrotvnews (Kamis, 6/1/2011) melansir sebuah video amatir yang menunjukkan bahwa setidaknya ditemukan 70 ekor burung spesies gagak  mati  terkapar di jalanan di kota Falkoping, Swedia. Tidak ditemukan luka pada burung sehingga  terlalu dini bagi Swedish Veterinary Medicine Institution atau SVA untuk menyimpulkan kecelakaan sebagai penyebab kematian burung.

***Dari berbagai sumber

Satu Tanggapan to “Fenomena Kematian Masal Ikan dan Burung Pada Pergantian Tahun 2010/2011”

  1. soegara said

    Tanda kiamat sudah dekat …kali!

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: