Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Sepeda Amfibi, Atasi Kemacetan Dan Banjir

Posted by gunawank pada Januari 27, 2011


Macet dan banjir adalah dua kata yang sangat akrab dengan lidah dan telinga bangsa Indonesia. Betapa tidak, jangankan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain-lain, bahkan di kota kecamatan saja  sering terjadi kemacetan di jalan raya, terutama pada jam-jam tertentu.
Demikian pula dengan banjir, hampir tiada hari tanpa berita banjir yang terjadi di seantero Nusantara tercinta ini. Sehingga diperlukan suatu alat atau sarana yang dapat mengatasi, atau setidaknya meminimalisir kedua masalah tersebut. Salah satunya adalah SEPEDA AMFIBI.
Seorang insinyur dari China berhasil menemukan sepeda unik hasil rekayasa terbarunya  yang disebut sepeda amfibi. Adalah Li Guowei, 63 tahun, dari propinsi Hubei, penemu pertama sepeda amfibi tersebut  mengatakan sepeda tersebut adalah sepeda super ekonomis dan harganya hanya sekira Rp806 ribu. Sepeda itu menggunakan desain sepeda seperti biasanya, dengan menggunakan delapan drum agar bisa mengapung dan baling-baling pada bagian belakang agar bisa berjalan.Murid Li, Lei Zhiqian sudah menyelesaikan uji coba untuk mengendarainya di Sungai Hanjiang dengan sempurna, seperti dilansir orange.co.uk, Rabu (23/6/2010). Lei mengendarai sepeda tersebut pulang pergi melewati 1.000 meter luasnya sungai selama 30 menit.

Li mengatakan bahwa sepeda yang ia ciptakan kali ini adalah generasi ketiga. Generasi pertama yang ia ciptakan saat itu tenggelam di sungai sementara yang kedua sangat sulit untuk dikendarai.

Tapi kini generasi ketiganya sudah mampu mengatasi kendala itu. Setelah mendarat di darat, drum tersebut nantinya bisa dilipat agar sepedanya bisa digunakan di jalur darat seperti biasanya.

“Semua orang bisa mengendarai sepeda ini. Ini sepeda yang murah dan cocok sebagai transportasi keluarga di air,” ujar Li.

Lain lagi dengan Li Weiguo, dia adalah orang yang merancang dan membuat sepeda ini. Sepeda amfibi ini memiliki delapan galon air yang berfungsi sebagai roda baling yang dapat diatur yang dapat memberikan power untuk berjalan. Mungkin tidak sebaik custom bikes lainnya namun setidaknya kita bisa berkendara sepeda di tanah dan air .

 

***sumber: http://www.unikaja.com/2010/03/sepeda-amphibi-anti-banjir.html#axzz1Bvwx6jrw

 

2 Tanggapan to “Sepeda Amfibi, Atasi Kemacetan Dan Banjir”

  1. cold4hands said

    Wah, semakin berkembangnya zaman, semakin banyak inovasi2 yang unik dan praktis ya?, Untuk pemuda Indonesia,. Jangan mau kalah, mari berinovasi dan menciptakan hal-hal baru,.^^

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: