Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

MUI Sumut Haramkan Foto Pre Weeding

Posted by gunawank pada Februari 9, 2011


Sudah menjadi tren saat ini para pasangan calon pengantin sebelum acara pernikahan berlangsung melaksanakan acara foto-foto  dengan berbagai pose, gaya, latar bahkan dengan tema tertentu yang dikenal dengan istilah  SESI PRE WEDDING. Foto-foto tersebut biasanya digunakan sebagai hiasan surat undangan atau keperluan lainnya.

Sebenarnya tentang membuat foto sebelum pernikahan sudah sejak dahulu biasa dilakukan oleh calon pengantin, setidaknya sudah sejak adanya alat memotret. Namun yang menjadi tren akhir-akhir ini adalah bahwa kedua calon mempelai yang jelas-jelas belum sah menjadi suami-istri sudah melakukan foto berdua dengan pose-pose yang di dalam agama Islam tidak diperbolehkan, seperti berangkulan, berciuman dan sejenisnya.

Itulah sebabnya, kemudian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara merasa terpanggil dan berkewajiban mengeluarkan fatwa haram bagi calon pengantin melaksanakan foto pre weeding atau sesi foto sebelum pernikahan, sebagaimana dikatakan Ketua MUI Sumut Prof Abdullah Syah di Medan, Minggu (6/2/2011) siang. Foto pre-wedding yang dimaksud adalah foto mesra calon suami dan calon istri yang dilakukan sebelum akad nikah.

“Foto pre-wedding diharamkan, karena saat berfoto itu mereka belum memiliki ikatan apa-apa. Itu tidak dibenarkan dalam hukum Islam. Kalau mau memasang foto di dalam undangan, pasang saja foto masing-masing bukan foto mesra,” ujar Prof Abdullah Syah yang baru terpilih pada Desember 2010 lalu. (okezone.com, 6/2/2011).

“Foto prewedding diharamkan karena pasangan calon pengantin bermesraan sebelum pernikahan yang saah”.  Demikian disampaikan Ketua Fatwa MUI Sumut Ramlan Yusuh, baru-baru ini. “Dalam ajaran Islam, pasangan yang belum menikah tidak boleh berdekatan apalagi sampai berpelukan. Karena itu lah, pre-wedding dinilai melanggar hukum Islam”, katanya (Metrotvnews, 9/2/2011).

****Gambar di atas hanya ilustrasi, diambil dari Google pencarian gambar.

 

4 Tanggapan to “MUI Sumut Haramkan Foto Pre Weeding”

  1. […] Baca selengkapnya…… […]

  2. […] Baca selengkapnya…… […]

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: