Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Mundurnya Hosni Mubarak; Bukti Kemenangan Rakyat Sebagai Pemilik Kedulatan

Posted by gunawank pada Februari 12, 2011


BAGI PARA PEMIMPIN; JANGAN PERNAH SEPELEKAN  TUNTUTAN RAKYAT

Setelah berusaha bertahan dari demosnstarasi yang menuntut kemundurannya selama 18 hari dan setelah mencoba mengkonter dengan meggerakkan masa pro dirinya sehingga terjadi insiden yang menewaskan demonstran dan ratusan lainnya yang luka, serta setelah dua kali menyatakan penolakan untuk mundur dan bertahan hingga pemilu September mendatang…Presiden Hosni Mubarak akhirnya mundur dari kursi pemerintahan, setelah berkuasa selama 30 tahun sejak 1981. Pengunduran dirinya diumumkan secara resmi oleh Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman dalam pidatonya yang ditayangkan langsung oleh stasiun TV pemerintah di Kairo, Mesir, Jumat (11/2) petang waktu setempat (sekitar pukul 23.00 WIB). Untuk selanjutnya pemerintahan sementara dikabarkan akan diambil alih oleh pihak militer.

Pernyataan mundur Mubarak ini otomatis disambut puluhan juta demonstran dengan gegap gempita, baik yang berada di Mesir maupun rakyat Mesir di luar negeri.

Dari “drama” Mesir ini harus dijadikan nasihat dan peringatan oleh para pemimpin dan penyelenggara negara di manapun berada, tentunya termasuk Indonesia, bahwa:

  1. Jangan lupakan kenyataan bahwa rakyatlah pemegang resmi kedaulatan negara, sedangkan mereka hanyalah pemegang amanah dari rakyat.
  2. Jangan pernah menyepelekan apalagi tidak mendengarkan apapun yang menjadi tuntutan rakyat.
  3. Jangan bertindak arogan karena dalam pemilu mendapat dukungan mayoritas rakyat.
  4. Jangan melakukan perlawanan dengan mengerahkan (apalagi dengan “membayar” pihak tertentu) masa sehingga terjadi perang saudara antara sesama rakyat yang akan menimbulkan korban dipihak rakyat juga, apabila rakyat sudah melakukan tuntutan yang berkaitan dengan hak-hak mendasar rakyat, seperti kenaikan harga sembako, pengangguran, pemerataan, kemiskinan, pendidikan dan sejenisnya.
  5. Jangan berusaha melanggengkan kekuasaan dengan “memaksakan” anggota keluarga atau famili untuk menduduki posisi penting dalam partai.
  6. Jangan pernah lupa bahwa dunia ini fana, sehingga apapun yang ada di dunia ini tidak ada yang langgeng, tidak ada yang kekal.
Iklan

2 Tanggapan to “Mundurnya Hosni Mubarak; Bukti Kemenangan Rakyat Sebagai Pemilik Kedulatan”

  1. selamat sore
    Alhamdulillah akhirnya husni mubarak mundur.
    semoga mesir bisa kondusif lagi dan mahasiswa yang menuntut ilmu disana balik dengan aman :)

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: