Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Sejarah Jurusan Kebidanan Karawang,Poltekkes Depkes Bandung

Posted by gunawank pada Maret 17, 2011


Jurusan Kebidanan Karawang yang beralamat di Jl. Kertabumi No. 74 Karawang menyelenggarakan pendidikan profesi D-3 Kebidanan, baik untuk Jalur Umum (berasal dari SMA) maupun Jalur Khusus (untuk Bidan D-1 yang sudah bekerja dalam bidang pelayanan kebidanan). Lokasi Kampus yang strategis sehingga mudah dicapai oleh mahasiswa/calon mahasiswa, khususnya yang berasal dari Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi, dan sekitarnya.

Sejarah

Jurusan Kebidanan Karawang asalnya merupakan lembaga Pendidikan keperawatan di Karawang yang telah berdiri sejak tahun 1964 untuk menghasilkan tenaga keperawatan yang disebut Juru Kesehatan yang kemudian dikembangkan menjadi Pendidikan Pembantu Perawat dan Penjenang Kesehatan.

Pada tahun 1982 dikembangkan lagi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Karawang yang kemudian berubah status menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Depkes Karawang. Pada tahun 1990 SPK Depkes Karawang dikonversi ke jenjang pendidikan tinggi menjadi Akademi Kebidanan (Akbid) Depkes Karawang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.00.06.1.3.2786 untuk melaksanakan program pendidikan Diploma III Kebidanan.

Akbid Depkes Karawang kemudian digabungkan/merjer dengan sebelas akademi kesehatan Depkes lainnya di Jawa Barat (yaitu Akbid Depkes Bandung, Akbid Depkes Bogor, Akbid Depkes Rangkasbitung, Akper Depkes Pajajaran Bandung, Akper Depkes Dr. Otten Bandung, Akper Depkes Bogor, Akper Depkes Dr. Sintanala Tangerang, AAK Depkes Bandung, Akzi Depkes Bandung, AKG Depkes Bandung, dan AKL Depkes Bandung), menjadi Politeknik Kesehatan Depkes Bandung. Dalam penggabungan tersebut, Akbid Depkes Karawang menjadi Program Studi Kebidanan Karawang Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Depkes Bandung. Politeknik Kesehatan Depkes Bandung berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor : 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001. Namun demikian operasional pelaksanaannya baru dilakukan setelah Direktur Poltekkes Bandung Drg. Sri Artini, M.Pd. dilantik pada tanggal 4 Maret 2002 berdasarkan Surat Keputusan Menkes Nomor : KP.04.04.4.2.867 tanggal 27 Februari 2002. Berdasarkan keputusan Direktur Politeknik Kesehatan Depkes Bandung Nomor OT.00.03.1.1.2561 Tanggal 14 Nopember 2007, Program Studi Kebidanan Karawang berubah menjadi Perwakilan Jurusan Kebidanan Karawang Politeknik Kesehatan Depkes Bandung.

4 Tanggapan to “Sejarah Jurusan Kebidanan Karawang,Poltekkes Depkes Bandung”

  1. dewi ratnasari said

    aku mau daftar tapi kurang informasi kapan di buka pendaftarannya ??

  2. assalamualaikum pendaftaran kebidanan karawang bulan mei tanggal berapa ya?
    makasih

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: