Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Tips; Cara Mengatasi Email Penipuan Atau Scam

Posted by gunawank pada April 16, 2011


Hampir semua orang yang memiliki email dipusingkan dengan pesan yang menawarkan kesempatan dalam masalah bisnis/keuangan yang luar biasa, bantuan penanganan keuangan sampai  pemberitahuan  telah memenangkan undian, lotere atau email teraktif.  Umumnya pesan email tersebut kelihatannya terlalu muluk-muluk untuk menjadi kenyataan.
Email semacam ini bisa berpotensi membahayakan bagi keuangan si penerima. Mereka mungkin saja adalah pencuri yang berusaha untuk mencuri uang anda secara langsung, dengan menggunakan rekening bank atau nomor kartu kredit yang Anda berikan atau mereka mungkin berusaha untuk mencuri identitas Anda, serta menggunakannya atas nama Anda. Sangat merugikan sekali bukan ?
Ada beberapa tips untuk mengatasinya, antara lain:

  • Jangan membuka pesan spam. (Didelete langsung itu lebih baik)
  • Jangan membalas spam. Biasanya alamat emailnya dipalsukan, dan membalas email spam akan menghasilkan spam-spam lain.
  • Jangan Membuka lampiran dari email yang tidak dikenal. Lampiran ini dapat menginfeksi komputer Anda.
  • Jangan mengklik pada link mencurigakan dalam email atau pesan IM, karena bisa saja akan menghubungkan ke situs palsu. Kami menyarankan untuk mengetik alamat situs langsung pada browser daripada percaya pada link dalam pesan.
  • Jangan mengisi formulir dalam pesan yang meminta informasi pribadi atau keuangan atau kata sandi (password.). Perusahaan terkemuka tidak mungkin meminta informasi pribadi Anda melalui email. Jika ragu untuk menghubungi perusahaan yang bersangkutan melalui mekanisme independen yang terpercaya, seperti dengan memverifikasi nomor telepon atau alamat Internet yang dikenal yang Anda ketikkan ke jendela browser yang baru (jangan mengklik atau cut and paste dari link dalam pesan).
  • Jangan pernah memberikan informasi yang bersifat pribadi, seperti rekening bank atau nomor kartu kredit dalam menanggapi email (scam) tersebut.
  • Jangan membeli produk atau jasa dari pesan spam.
  • Jangan meneruskan peringatan virus apapun yang anda terima melalui email. Bisa jadi ini adalah berita bohong atau penipuan.
  • Berhenti berlangganan dari milis-milis sah jika Anda tidak ingin menerima pesan Lagi dari milis tersebut. Ketika mendaftar untuk menerima email, periksa item-item tambahan apa saja yang Anda inginkan pada saat yang sama. Jangan memilih item yang tidak Anda inginkan
  • Selektif dalam hal situs-situs tempat Anda mendaftarkan alamat email Anda
  • Hindari menampilkan alamat emai Anda di Internet. Pertimbangkan pilihan alternatif- misalnya, gunakan alamat tersendiri ketika mendaftar pada milis tertentu, miliki beberapa alamat email untuk berbagai tujuan berbeda, atau carilah layanan email sekali pakai.
  • Dengan menggunakan petunjuk yang disediakan oleh administrator, laporkan spam jika Anda memiliki pilihan untuk melakukannya.
  • Pastikan bahwa operating system selalu diperbarui dengan update terbaru, dan gunakan paket software keamanan yang komprehensif.
Baca Artikel Terkait:

14 Tanggapan to “Tips; Cara Mengatasi Email Penipuan Atau Scam”

  1. […] Tips; Cara Mengatasi Email Penipuan Atau Scam […]

  2. adnan said

    Bener tuh mas. kejahatan memang ada dimana-mana, ngak terkecuali di dunia maya sekali pun.

    • gunawank said

      In box saya hampir tiap hari dikunjungi email scam ini. pusing deh……
      Soalnya, ga satupun yang bener2 kirim uang, he…he…heeee…..
      Makasih kunjungannya. Moga sukses bizniznya. Amin

  3. Agung Rangga said

    hehe…
    Tips yang bagus…
    Stop email scam! :D

  4. eDdY s said

    Nice Post Mas ? Terima Kasih Informasinya ? Lam kenal Ajah ?

    • gunawank said

      Salam kenal kembali……
      Terima kasih kunjungannya. Saya sudah kunjungan balik, tetapi blognya sdh di delet.

  5. thanks bgt infonya sob….. mesti lebih hati2 lagi nih, soalnya saya pernah mencoba membuka lampiran pesan spam… mgk aja udah ada virus yg masuk dari sana… :(

  6. Mantap banget sob infonya, saya sering dapat dan buka spam, tapi lewat handphone. Wah… Ntar nggak mau lagi deh buka spam, mending langsung klik kosongkan spam, gimana sob?

  7. Lynda Ayu said

    Betul sekali.. Baru sekali aja daftar di website yang menunjang aktifitas blogging, spammer langsung berdatangan,.. Tp kadangkala email aktivasi itu masuknya juga di folder spam, jadi musti di check ulang sebelum di delete.. ^^

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: