Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Dampak Positip (/Negatif); Dana Pensiun PNS Bulanan Dihapus

Posted by gunawank pada April 30, 2011


Pemerintah merencanakan menghapus uang pensiunan bulanan. Yaah! Saat ini, pemerintah tengah menggodok kemungkinan memberikan uang pensiun dalam sekali waktu. Uang pensiun yang biasanya diterima sebulan sekali, akan diakumulasi dan diberikan langsung saat pegawai dinyatakan pensiun. “Contohnya, orang yang dapat pensiun Rp 700 ribu sebulan, kita kasih saja misalnya Rp 50 juta langsung. Itu bisa buat modal usaha,” kata Menteri Pendayaagunaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi dalam acara pisah sambut Rektor Undip Semarang di Kampus Undip Pleburan, Jalan Imam Barjo (detikNews.com, 27/11/2006).

Saat itu, muncul tanggapan pro-kontra, termasuk dikalangan pejabat tinggi, termasuk menteri. Setelah sekian lama dan kabinet berganti, kini, ada informasi dari seorang rekan guru yang sedang mengurus pensiunan katanya akan kebijakkan tersebut akan dimulai bagi PNS yang pensiun pada tahun 2014. Maksudnya, penghapusan itu mulai berlaku bagi yang pensiun pada tahun tersebut, sedangkan bagi yang pensiun sebelum 2014 masih mendapatkan gaji pensiun bulanan.

Terlepas dari benar dan tidak informasi tersebut, jika suatu saat peraturan tersebut benar-benar diberlakukan ada beberapa nilai positif (tentunya pasti ada negatifnya), antara lain:

  1. Bisa menghemat anggaran belanja pegawai
  2. Kemungkinan antrian panjang dan berebut menjadi cpns dapat dikurangi
  3. Para pensiunan bisa dipacu untuk lebih produktif di masa pensiun, demi “menyelamatkan” dan memanfaatkan dana “pesangon” yang diterimanya.
  4. Dana yang dihemat dapat dialokasikan pada program lain
About these ads

38 Tanggapan to “Dampak Positip (/Negatif); Dana Pensiun PNS Bulanan Dihapus”

  1. cold4hands berkata

    waduh, bahaya itu,. kasiha pegawai negeri yang pensiun sesudah 2014,. memang semua tergantung orangnya sih,. tapi ditakutkan adanya kecemburuan sosial antara pegawai dengan pensiun bulanan dan pegawai dengan pensiun model pesangon ini,.

    • gunawank berkata

      Tapi itu belum pasti, karena peraturan perundangannya belum keluar.
      Pada awalnya mungkin ya, namun kalau yang pensiun bulanan sdh habis, ya semuanya berarti tinggal yang sistem pesangaon.
      Makasih kunjungannya.

  2. ysalma berkata

    kalau iya, apakah selama masih belum pensiun, mereka akan “memanfaatkan waktu” yang punya bakat :), koruptor di tuntas habis, sangat banyak uang negara yang bakal kembali itu.

    • gunawank berkata

      Program apapun yang berkaitan dengan anggaran, jika korupsi dibiarkan alias pemberantasannya baru lewat “mulut”…..ya tetap aja keuangan negara selalu bobol.
      Makasih kunjungannya.

  3. michael berkata

    wacana ini cukup menghebohkan, tapi menurut saya sebaiknya penerapannya bersifat pilihan saja, sebab ekonomi pns beda2, klo yang kaya mgkn g mslh, kasian yang pas-pasan, yang g punya skill usaha…

  4. vicotoru berkata

    masalah gaji pensiun dibahas -bahas…koruptor tu di basmi ampe tuntas kan mantap

  5. Surya Darma berkata

    jika pensiunan PNS di hapus, bagaimana dengan pensiunan karyawan di BUMN/BUMD (BANK,PERKEBUNAN,PLN,PDAM) apa di hapus juga??

  6. corry berkata

    Data riil harus jadi dasar. jika PNS pensiun dan masih punya tanggungan anak sekolah, pesangon tidak tepat. kecuali yang memang tdk punya tanggungan. bisa dinikmati dan jadi modal usaha. jgn tunggu 2014, tapi aplikasikan tahun ini juga. Balas

  7. PakPer berkata

    Paksijaladara Perdanaraya berkata
    Seharusnya pns yang pensiun dibayar kontan pns yang punya jabatan struktural (eselon) dan yang dipungsional. PNS TNI/polri yang memiliki jabatan struktural dan pejabat negara juga diberikan langsung kontan, PNS yang pensiunannya biasa-biasa aja ya jangan dibayar kontan, utang aja masih banyak kalau dikasih kontan akan celaka tangggungan masih banyak bos

  8. rena berkata

    Yang harus dipertimbangkan adalah pensiun bagi anggota DPR dan Pejabat negara lainnya seperti menteri….pengabdiannya hanya sebentar uang pensiunnya besar,,…sedangkan PNS yang masa pengabdinanya lebih dari 30 tahun uang pensiun rendah …sangat tidak masuk akal…..ONS usia pensiun saat ini 56 tahun sampai 65 tahun ( bagi pejabat fungsional yang sdh mencapai gol tertentu) . bagi PNS yang jujur hidup serba pas2an apalagi kalau masa tua diberi persangon minim pastilah dia akan mati tersiksa…..sedangkan anggota DPR sdh kaya raya mendadak, dengan gaji dan uang tambahan yang tidak jelas, masih menerima uang pensiun…bereskan income negara dulu benahi uang pemasukan pajak dll…tidak hanya ngurusin PNS yang hidupnya sdh sengsarasewaktu aktif malah dibuat sengsara setelah pensiun…..tidak manusiawia

  9. Badhran berkata

    Pns jd kambing hitam beban negara, gmn dg tunjangan pejabat , anggota dpr, koruptor, apa itu ga lbh gede bebannya

  10. si bolang berkata

    nah ini baru bener pada dasarnya dapat memberi peluang bagi para pensiunan agar tidak hanya bermalas-malasan saja ketika sudah pensi kalau dipikir dana pensiunan memberi contah buruk ya istilahnya makan gaji buta soalnya tanpa bekerja masih saja di bayar oleh negara ya gak?kalau pemerinta mulai cerdas harusnya pensiun dalam bentuk pesangon cepat-cepat di laksanakan biar bagi para pensiun masih bisa mengelola dana pesangonnya tersebut ya istilahnya biar bisa survive lah gak hanya duduk-duduk mengharap gaji tanpa kerja

  11. jarwoto berkata

    aku sangat setuju banget ,tapi tehniksnya diatur yang seadiladilnya tdk ada terjadi kecemburuan dikasih pilihan aja siip.

  12. graito berkata

    Bagaimana dengan mereka yang pensiun karena menderita cacad akibat kerja ?Mereka tidak bisa lagi berwirausaha dengan uang pesangonnya? Pensiunan yang sehatpun belum tentu bisa berwirausaha.

    • gunawank berkata

      Oleh karenanya alangkah baiknya program ini ditindaklanjuti oleh kementerian tenaga kerja untuk menyiapkan program pelatihan kewirausahaan bagi para pensiunan.

  13. Mahmud Azis berkata

    La PNS kalo pensiun it sudah tua na mesti capek gara2 pengabdian yg lama kok disruh Produktif ki gimana? ingat ! Usia Produktif it Usia dibawah 35 ya! Pemerintah jangan Ngawur to! kasihan Kaum PNS yg pensiun kelak.

  14. y.oyek@yahoo.com berkata

    aku uda gak sabar broo…

  15. y.oyek@yahoo.com berkata

    kalau itu emang berlaku ya cepetan berbondong-bondong permohonan pensiun biar bisa beli rumah,,,,aku masih ngontrak bro…..

  16. lia berkata

    Mudah2an kepada para pensiunan bisa bangkit lagi , karena banyak yg terpuruk setelah pensiun dan semoga pembayaran pensiun bulanan yg rencananya mau dibayarkan sekaligus bisa lebih digunakan sebaik-baiknya,dan lebih terencana, dan bagaimanan peraturannya ini berlaku buat pensiunan BUMN tidak,? karena banyak pensiunan PLN yg tunjangan bulanannya dibawah 500 rb/bln, semoga cepat direalisasikan ………………….

  17. mboh berkata

    saya setuju aja jika itu diperuntukan bagi para guru, apalagi yang sudah bersertifikasi

  18. rin berkata

    ni berlaku buat PNS aja atau pensiunan
    karyawan di BUMN juga ya?

  19. rin berkata

    yang PENGANGGURAN bilang SETUJU
    yang PNS bilang NGGA SETUJU
    yang KAYA bilang SETUJU
    yang KERJA bilang NGGA SETUJU

    JADI BIAR ADIL PENSIUNAN GA DIHAPUS..

    LEBIH BAGUS KURANGI GAJI DAN UANG PENSIUNAN PEJABAT PEMERINTAHAN, UANGNYA BUAT RAKYAT SAJA.

    KLW 1 PEJABAT DIKURANGI UANGNYA 10 JUTA/ TAHUN DI KALIKAN 100 PEJABAT = BRARTI HIDUP RAKYAT AKAN MAKMUR..

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 445 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: