Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Mengenal Shalat Sunnah Taubat

Posted by gunawank pada Mei 8, 2011


وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ (آل عمران: 135)

“Dan (juga mereka adalah) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui”. (QS. Ali Imran: 135)

Salat Taubat adalah salat Sunnah yang dilakukan seorang muslim saat ingin bertobat terhadap kesalahan yang pernah ia lakukan. Salat taubat dilaksanakan dua raka’at dengan waktu yang bebas kecuali pada waktu yang diharamkan untuk melakukan salat

Shalat taubat ini dianjurkan oleh baginda Rasulullah SAW sebagaimana salah satu hadits beliau:

 “Dari Ali bin Abi Thalib r.a ia berkata, Aku mendengar Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Salam bersabda: ‘Tidaklah seseorang melakukan dosa kemudian ia bersuci (berwudhu) dan salat lalu minta ampun kepada Allah, melainkan Allah akan mengampuni dosanya itu, beliau lalu membacakan firman Allah (QS. Ali Imran 135).” (HR. at-Tirmidzi, Abi Dawud dan dihasankan oleh al-Albani).

Tatacara Salat Taubat

Sebagaimana hadits di atas, mula-mula berwudlu-lah dengan cara wudlu yang sebaik-baiknya, yakni melaksanakan sunah-sunah wudlu selain yang rukunnya, serta menghindari hal-hal yang dimakruhkan dalam berwudlu.

Setelah itu shalatlah dua rakaat dengan niat dalam hati (tatkala takbiratul ihram) untuk melaksanakan shalat sunnah taubat karena Allah.

Niat salat ini, sebagaimana juga salat-salat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang terpenting adalah niat hanya semata karena Allah Ta’ala semata dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan Ridho Nya, apabila ingin dilafalkan jangan terlalu keras sehingga mengganggu Muslim lainnya, memang ada beberapa pendapat tentang niat ini gunakanlah dengan hikmah bijaksana.

Selesai shalat dua rakaat lanjutkan dengan istighfar, lalu kemudian berdo’a untuk memohon ampunan terhadap dosa atau kesalahan yang telah diperbuat. Jangan lupa kalau perbuatan tersebut berkaitan dengan haqul adami (terkait seseorang) seperti ghibah, mencuri hak, ghasab, menyakiti dan lain-lain, terlebih dahulu harus minta istihlal (penghalalan/maaf) dari yang bersangkutan.

Wallaahu a’lam.

Baca Artikel Terkait:


3 Tanggapan to “Mengenal Shalat Sunnah Taubat”

  1. Moch Adnan said

    Mas gun, untuk niatnya seperti shalat fardu atau ada yang di rubah bacaannya?

    trim’s mohon infonya mas.

    • gunawank said

      Niatnya sama seperti pada shalat fardlu hanya kata “fardlu” diganti dengan kata “sunnah”. Kalau dengan bhs.Arab: “Usholi sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’ala…” atau dengan bahasa Indonesia: “Aku niat sholat sunnah taubat dua rokaat karena Allah…”. Yang terpenting, baca niat itu dalam hati saat mengucapkan “Allahu akbar” pada takbirotul ihram.

      Makasih kunjungannya, semoga bermanfaat.

  2. fi said

    ‘afwan mau tanya, dosa seperti apa yang disunnahkan sholat taubat ya?
    terima kasih..

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: