Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Posisi Bebek Mulai Tergeser Skutik

Posted by gunawank pada September 19, 2011


Perlahan namun pasti, tahun ini pasar sepeda motor Indonesia, komposisinya mulai berubah. Jenis bebek, sejak akhir 80-an mendominasi, kini pamornya terus mengalami penurunan. Posisinya mengecil karena dikalahkan oleh skutik.

Berdasarkan data AISI, penjualan sepeda motor bebek dari Januari sampai Juli 2011 tercatat 2,4 juta unit (sama dengan tahun lalu). Pangsanya selama 8 bulan 2011 hanya 39,6 persen dari total penjualan yang telah mencapai 5,4 juta unit. Itu berarti trend permintaan bebek di Indonesia terus menurun atau berbanding terbalik dengan skutik.

Untuk Jabodetabek, lanjut Loman, pangsa skutik saat ini sudah 50 persen, di Bali lebih besar lagi sampai 60 persen. Hanya di beberapa kota di Sumatera masih dibawah 50 persen.

Sementara itu, Branch Manager Manada Multi Finance, Ade Jefri mengatakan penjualan bebek terus menrurun. Perbedaannya dengan skutik –terus tumbuh- makin membesar. Sampai akhir tahun ini, pangsa bebek hanya bertahan di level 40 persen sedangkan skutik 55 persen. Sisanya 5 persen untuk sepeda motor sport.

Tambah Jefri, dalam beberapa tahun ke depan, ia memprediksi pasar bebek sulit kembali menjadi idola di Indonesia mengingat kepraktisan penggunaan skuti. “Bisa dibilang jenuh. Tapi, di daerah masih banyak orang masih menyukai bebek. Jadi selama pangsa pasar tetap di atas 30 persen, volumenya dipastikan masih besar,” beber Jefri. (dri)

*** Dikutip dari Harian Radar Karawang, Jum’at (16/9/2011).

4 Tanggapan to “Posisi Bebek Mulai Tergeser Skutik”

  1. Moch Adnan said

    motor skutik memang dari awal sdh diprediksi akan menjadi motor masa depan, hingga pangsa pasarnya pun mulai menggeser motor bebek

  2. […] Sumber dari SINI -6.245641 107.049923 Share This :FacebookTwitterEmailLinkedInPrintLike this:SukaBe the first to […]

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: