Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Salah Satu Pola Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2011

Posted by gunawank pada September 29, 2011


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru menyatakan guru adalah pendidik profesional. Untuk itu, guru dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana atau Diploma IV (S-1/D-IV) yang relevan dengan mata pelajaran yang diampunya dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana dituntut oleh Undang-undang Guru dan Dosen.

Pemenuhan persyaratan kualifikasi akademik minimal S-1/D-IV dibuktikan dengan ijazah dan pemenuhan persyaratan relevansi mengacu pada jenjang pendidikan yang dimiliki dan mata pelajaran yang dibina. Misalnya, guru SD dipersyaratkan lulusan S-1/D-IV Jurusan/Program Studi PGSD/Psikologi/ Pendidikan lainnya, sedangkan guru Matematika di SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, dan SMK/MAK dipersyaratkan lulusan S-1/D-IV Jurusan/ Program Pendidikan Matematika atau Program Studi Matematika yang memiliki Akta IV.

Sementara, pemenuhan persyaratan penguasaan kompetensi sebagai agen pembelajaran, seorang guru harus memiliki 4 kompetensi utama: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui suatu proses sistematik yang disebut sertifikasi.

Sertifikasi guru dalam jabatan bertujuan untuk (1) menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional, (2) meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, (3) meningkatkan kesejahteraan guru, (4) meningkatkan martabat guru; dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Sebagai tujuan akhir dari sertifikasi guru dalam jabatan ini adalah meningkatnya mutu pendidikan pada satuan pendidikan formal secara berkelanjutan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 11 Tahun 2011 tentang Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan terdapat 4 pilihan pola sertifikasi, salah satunya adalah pola Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Sertifikasi melalui pola PLPG bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme, dan menentukan kelulusan guru peserta sertifikasi. Pesertanya adalah guru yang bertugas sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah , serta guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan.

Materi PLPG disusun dengan memperhatikan empat kompetensi guru (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional) dan dalam pelaksanaannya lebih menekankan workshop.

Guru yang dinyatakan lulus dalam PLPG berhak mendapat Sertifikat sebagai guru profesional yang akan diikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru berupa pemberian tunjangan profesi setelah memenuhi persyaratan lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tunjangan tersebut berlaku, baik bagi guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun bagi guru yang berstatus bukan pegawai negeri sipil (swasta).

*** Dari berbagai sumber

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: