Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Archive for Maret, 2012

Aku Bangga Jadi Orang Yang Beda

Posted by gunawank pada Maret 31, 2012

Alhamdulillah, aku patut bersyukur karena dilahirkan dalam keluarga petani kecil, di tengah-tengah masyarakat pedesaan yang menggantungkan hidupnya hanya dari hasil pertanian padi sawah dengan pengelolaan yang masih tradisional. Di pagi kami harus sudah menggiring kerbau untuk membajak sawah. Menjelang tengah hari hingga sore, aku dan kawan-kawan bersama-sama menggembalakan hewan sahabat petani tersebut.

Kalau ingin makan dengan ikan, kami harus mencarinya di sawah atau di sungai, demikian pula dengan bahan sayuran. Sementara kalau ibu mau masak, aku harus berburu kayu bakar dengan mencari ranting-ranting kering di kebun orang lain yang memang tidak dilarang asalkan tidak merusak pohon. Kesemuanya itu membentuk karakter kepribadian jiwaku menjadi manusia yang kreatif, suka bekerja keras, mandiri dan sederhana. Baca entri selengkapnya »

Posted in Biografi, Kepribadian, Kisah, Kisah Nyata, Kisahku, Serba serbi, Tradisi, Uncategorized | Dengan kaitkata: , , , , , , | 2 Comments »

Jadikah BBM Jenis PREMIUM Naik Pada 1 April 2012 ?

Posted by gunawank pada Maret 31, 2012

Jawabannya gampang banget,…….bisa naik, bisa juga tidak. Jawaban pastinya akan ditentukan hari ini dalam “Drama” sidang Paripurna di lantai IV Gedung Nusantara II DPR, Senayan. Kenapa drama…?

Berdasarkan perkembangan terakhir suasana di gedung dewan terhormat, dua partai koalisi yakni PKS dan Golkar bersikap bereseberangan dengan pemerintah, dan nampaknya PPP juga akan mengikuti kedua partai tersebut (mudah-mudahan).

Jika kondisi ini benar-benar terjadi, maka dalam pengambilan keputusan yang akan dilakukan dengan voting terbuka dan seluruh anggota DPR sebanyak 560 orang hadir semua hanya 260 suara yang terdiri dari Partai Demokrat (148 orang), PPP (38 orang), PKB (28 orang), dan PAN (46 orang) yang mendukung kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.

Sementara suara yang menolak sebanyak 300 suara yang berasal dari PDI-P (94 orang), Partai Gerindra (26 orang), Partai Hanura (17 orang), PKS (57 orang) dan Partai Golkar (106). Namun, biasanya peta politik bisa berubah setiap detik terutama pada detik-detik terakhir pengambilan keputusan. Justru di sinilah letak permasalahannya.

Untuk itu, jalan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia yang notabene (yakin) mayoritas menolak kenaikkan BBM bersubsidi untuk terus berdo’a dan berharap para wakil rakyat di Senayan benar-benar memiliki nurani yang sama dengan rakyat yang diwakilinya. Amin.

——————————————————–

DAN AKHIRNYA………….

Setelah melalui sidang yang cukup panjang hingga dinihari tadi (Sabtu, 31/3/2012) dengan melalui pemungutan suara, dan dengan dukungan 356 suara (Demokrat, Golkar, PPP, PKB dan PAN) sidang paripurna memutuskan memilih opsi kedua yakni pasal 7 ayat 6 UU APBN tahun 2012 yang berbunyi: “Harga jual eceran BBM bersubsidi tidak mengalami kenaikan” (alhamdulillah…!) ditambah ayat baru (ayat 6A), yakni : “Pemerintah dapat menaikkan harga BBM jika harga minyak dunia naik lebih dari 15% dari asumsi APBN selama 6 bulan berturut-turut”.(ha…??!!!).

Artinya: BBM bersubsidi tidak naik per 1 April 2012, tetapi……..setelah itu ? Berdasarkan ayat tambahan tersebut, Pemerintah bisa menaikkannya tanpa harus melalui persetujuan DPR. Inilah yang dimaksud “Drama” pada awal tulisan di atas. Nayatanya, Golkar dan PPP masih berat untuk bisa bereberangan dengan pemerintah.

SELESAI………

Ada pernyataan salah seorang warga masyarakat yang menggelitik berkaitan dengan isu BBM ini. Kira-kira begini bunyinya (karena hanya ditayangkan sekilas oleh salah satu stasiun TV nasional), “Yang membayar subsidi BBM kan rakyat lewat pembayaran pajak dan sebagainya, bukan pemerintah. Jadi pemerintah tidak perlu keberatan dengan subsidi BBM, karena yang membayar subsidi adalah rakyat dan subsidi itu untuk rakyat. Dari rakyat untuk rakyat…….”

Posted in Buah bibir, DPR, Hot Topic, Hotline News, Indonesia, Opini, Opinion, Pemerintah, Politik, Serba serbi, Topic Hot, Wakil rakyat | Dengan kaitkata: , , , , , | 2 Comments »

Tulul Amal: Suka Mengulur Waktu Untuk Beramal

Posted by gunawank pada Maret 28, 2012

Marilah dalam hidup ini – kita selalu berusaha – memelihara iman yang ada dalam dada kita. Memperkuat rasa taqwa kita kepada Allah SWT, – baik dalam keadaan lapang – maupun dalam kesempitan hidup, dengan cara meningkatkan taat kita kepada Allah Swt, serta memelihara amal kita dari amal-amal yang dapat merusak ketaatan kita kepada-Nya.

Salah satu sikap yang dapat mengakibatkan bermalas-malasan dalam melakukan taat kepada Allah Swt adalah tulul amal, yaitu suka menunda-nunda kebaikan, mengulur-ulur waktu untuk berbuat amal, terlalu banyak pertimbangan dalam beramal, dengan berbagai macam alasan: sibuk, belum sempat, masih muda, masih ini, masih itu dan lain sebagainya.

Seperti kata seseorang: Nanti kalau sudah dapat pekerjaan, saya akan banyak shadaqoh, rajin berjamaah, rajin menghadiri pengajian dan lain-lain. Tetapi setelah dapat pekerjaan….nanti kalau sudah menikah, setelah menikah …. nanti kalau punya anak, setelah punya anak …nanti kalau anak sudah besar, …nanti kalau sudah pensiun, nanti kalau sudah tua, dan seterusnya dan seterusnya. Baca entri selengkapnya »

Posted in Akhlak, Artikel Islam, Hikmah, Islam, Renungan, Tasawuf | Dengan kaitkata: , , , , , , | Leave a Comment »

Data NUPTK Terbaru Kabupaten Karawang

Posted by gunawank pada Maret 25, 2012

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) adalah nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan). NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan.

Bagi rekan-rekan guru dari Kabupaten Karawang yang memerlukan informasi data NUPTK dapat diunduh di sini.

Posted in Berita, Daftar, Download, Guru, Info, Karawang, NUPTK, Pendidik, Pendidikan, Serba serbi | Dengan kaitkata: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | 4 Comments »

Daftar Peserta Lulus UKA Sertifikasi Guru 2012 Kabupaten Tasikmalaya

Posted by gunawank pada Maret 24, 2012

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Nomor 12344/J/KP/2012 tanggal 16 Maret 2012 tentang Penetapan Kelulusan Peserta Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2012, dengan ini diumumkan peserta yang dinyatakan lulus UKA dan berhak mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2012 sebanyak 248.733 orang.

Jakarta, 18 Maret 2012

Daftar nama peserta yang lulus UKA untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dapat diunduh di bawah ini:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan TIDAK Memungut Biaya Apapun dari Guru untuk Pengumuman Hasil UKA.

Jangan Percaya Kepada Orang yang Berjanji akan Membantu Kelulusan UKA dan Jangan Memberikan Uang Kepada Siapapun Untuk Jaminan Kelulusan UKA.

Posted in Berita, Daftar, Download, Guru, Info, Pendidik, Pendidikan, Serba serbi, Sertifikasi | Dengan kaitkata: , , , , , , | 2 Comments »

Daftar Peserta Lulus UKA Sertifikasi Guru 2012 Kota Tasikmalaya

Posted by gunawank pada Maret 23, 2012

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Nomor 12344/J/KP/2012 tanggal 16 Maret 2012 tentang Penetapan Kelulusan Peserta Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2012, dengan ini diumumkan peserta yang dinyatakan lulus UKA dan berhak mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) tahun 2012 sebanyak 248.733 orang.

Jakarta, 18 Maret 2012

Daftar nama peserta yang lulus UKA untuk wilayah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dapat diunduh di bawah ini:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan TIDAK Memungut Biaya Apapun dari Guru untuk Pengumuman Hasil UKA.

Jangan Percaya Kepada Orang yang Berjanji akan Membantu Kelulusan UKA dan Jangan Memberikan Uang Kepada Siapapun Untuk Jaminan Kelulusan UKA.

Posted in Berita, Daftar, Download, Guru, Info, Pendidik, Pendidikan, Serba serbi, Sertifikasi | Dengan kaitkata: , , , , , | Leave a Comment »

Tomcat atau Kumbang Rove (Paederus fuscipes): Musuh atau Teman ?!

Posted by gunawank pada Maret 21, 2012

Setelah beberapa waktu lalu media diramaikan dengan pemberitaan serangan ulat bulu, kini masyarakat indonesia, khususnya warga Surabaya digegerkan oleh kasus serangan sejenis serangga bernama Tomcat. Dilaporkan, 13 kecamatan di Kota Surabaya terkena dampak serangan serangga jenis kumbang ini.

Serangga yang memiliki nama ilmiah Paederus fuscipes dan dikenal sebagai Rove Beetle (Kumbang Rove) ini sebenarnya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya di lingkungan petani padi sawah karena serangga ini termasuk salah satu musuh alami hama Wereng Cokelat.

Klasifikasi

Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class : Insecta
Order : Coleoptera
Family : Staphylinidae
Genus : Paederus
Species : Paederus fuscipes

mmm

Posted in Berita, Buah bibir, Cara mengatasi masalah, Fenomena alam, Hama, Hot Topic, Hotline News, Info, Kesehatan, Klinik Tanaman, Penyakit, pertanian, Serba serbi, Teknologi, Tips, Topic Hot, Wabah | Dengan kaitkata: , , , , , , , | Leave a Comment »

Cabut Gigi…..?!!! Nggak Sakit Kok !!!

Posted by gunawank pada Maret 15, 2012

Setelah mendapat penjelasan bahwa penyakitku cukup diatasi dengan mengangkat gigi yang bermasalah, dapat sobat-sobat bayangkan betapa senangnya aku mendengar pernyataan tersebut, bahkan seakan-akan 50% penyakitku mendadak sembuh. Oleh karena itu, ketika dokter menawariku apakah siap untuk dicabut, maka dengan penuh semangat spontan aku jawab: “siap, kalau dokter siap mencabutnya”. Na, lho….malah balik nantang, he…he…heee……..!

Walhasil, pada hari Sabtu tanggal Sepuluh bulan Maret tahun Dua Ribu Dua Belas (kaya surat perjanjian hutang-piutang saja) tepatnya jam 10.30 WIB aku direbahkan di bangku pesakitan pasien untuk tindakan pencabutan gigi.

Awalnya agak miris juga melihat alat-alat yang berjejer rapi di sekitarku, ada bor, tang, batang-batang logam berujung lancip seperti jarum tusuk dalam berbagai ukuran, jarum suntik dan lain-lain. Ditambah lagi pernyataan pak dokter setelah memeriksa kondisi gigi yang mau dicabut, “giginya sudah kuat lagi (maksudnya tidak goyang) pak, mungkin agak linu nanti saat dicabut.” Nah, lho ! tambah ngeper saja. Apalagi aku belum pernah dicabut gigi di rumah sakit.

Waktu kecil memang sering mencabut gigi kalau ada gigi mau tanggal, tapi tidak pernah dicabut oleh orang lain, termasuk oleh orangtua sendiri, tetapi selalu dilakukan sendiri dengan caraku sendiri agar tidak terasa sakit. Soalnya kalau oleh orangtuaku suka dicabut sekaligus dengan cara diikat benang kenur (senar) lalu benang ditarik dihentakkan, dan jprut….gigipun tercabut. Gigi memang langsung tercabut, tetapi rasa sakit dan ceceran darah bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. (udah ah, jadi tambah merinding..).

Namun, ternyata dengan alat, bahan dan teknik yang semakin canggih proses pencabutan gigi tidak seserem yang dibayangkan, bahkan tidak terasa sakit sama sekali walaupun karena kondisi gigi yang tidak goyang dan posisinya yang terjepit gigi tetangganya, prosesnya berlangsung lebih dari satu jam, itupun setelah diakali dengan cara giginya dibelah dulu menggunakan bor, baru gigi bisa dicabut satu persatu dari belahan tersebut.

Oleh karena itu, bagi sobat-sobat yang mempunyai masalah gigi dan mengharuskan tindakan pencabutan gigi, jangan takut untuk mencabut giginya ke dokter. Dijamin tidak akan terasa sakit.

Posted in Berita, Buah bibir, Cara mengatasi masalah, Hot Topic, Hotline News, Info, Kesehatan, Kisah, Kisah Nyata, Kisahku, Penyakit, Serba serbi, Tips, Topic Hot | Dengan kaitkata: , , , | 65 Comments »

Gigi Busuk Bisa Timbulkan Rahang Keropos dan Kista Rahang

Posted by gunawank pada Maret 15, 2012

Hampir dua minggu setelah pulang dari rawat inap di rumah sakit, tepatnya hari Kamis, 1 Maret 2012 aku kontrol (yang kedua kalinya) ke rumah sakit. Kebetulan pak Dokter yang menangani penyakitku sejak awal sedang berhalangan masuk, sehingga ditangani oleh dokter lain. Setelah lukaku diperiksa, dibersihkan, diobati dan (tentunya) ditutup kasa verban, aku diminta untuk foto ronsen (di-Indonesiakan biar gampang nulisnya) dan akupun melaksanakan sebagaimana rekomendasi beliau.

Hari Senin, 5 Maret 2012 aku berkunjung kembali ke rumah sakit untuk memeriksa luka bekas abses itu sekaligus mengetahui hasil foto ronsennya. Setelah selesai prosesi pemeriksaan dan penanganan luka akupun diminta penjelasan tentang hasil foto ronsen tersebut. Dan ………je-le-gerrrr…….., bak suara petir di siang bolong kedengarannya penjelasan itu (untung suara petirnya lambat, ngak “jegerrr” gitu, sehingga aku bisa berusaha tenang menyimak kata demi kata penjelasannya). Apa pasal ?……, ya, menurut beliau pada rahang kanan bawahku terdapat kista (cyst). Dan beliau menyarankan agar aku segera melaksanakan tindakan operasi bedah mulut untuk mengangkat kista tersebut dengan rujukan ke rumah sakit Hasan Sadikin bandung atau RSCM Jakarta. Waduh……! Aku tidak segera menjawab tawaran rujukan beliau, karena aku harus berembuk dulu dengan segenap keluarga. Begitu jawabku.

Sepulang dari rumah sakit, selain menghubungi orangtua dan segenap kerabatku, akupun brosing untuk bertanya kepada mbah Google, apa sih kista rahang itu dan bagaimana konsekuensinya. Hasilnya…………., hiyyyyyy….ngeri banget ! Bahkan ada judul yang sebelum baca isinya sudah bikin meinding: “Rahang Rontok Akibat Gigi Busuk”. Namun, karena tulisan-tulisan yang aku baca penulisnya adalah para dokter gigi dan ahli bedah mulut, secara ilmiah aku percaya pada isi tulisan-tulisan tersebut. Dan, sesuai moto blogku, di bawah ini aku coba rangkum penjelasan-penjelasa mereka sebagai berikut:

……………………………………………………………………………………………………………………………..

Gigi berlubang (karies) walaupun mula-mulanya hanya lubang yang dangkal saja, kalau dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan baik lama kelamaan akan semakin dalam. Kalau lubang sudah tembus ke akar gigi, kuman penyebab karies bisa mengakibatkan pembusukan.  Pada gigi yang busuk ini bisa terjadi reaksi radang (akut hingga kronis) di sekitar akar gigi. Bila sudah sampai tahap kronis, radang bisa memicu timbulnya kista pada rahang.

Menurut drg Devi (senyumsehat.wordpress.com), tapi juga sakit gigi yang infeksinya . Infeksi yang berasal dari abses gigi di daerah akar gigi, ataupun dari penyakit jaringan pendukung gigi dan juga dari daerah gusi yang menutupi gigi yang biasanya pada gigi geraham belakang yang miring, infeksinya bisa menyebar ke sum-sum tulang rahang. Infeksi pada tulang ini disebut Osteomyelitis. Inflamasi yang disebabkan bakteri pyogenik ini meliputi seluruh struktur yang membentuk tulang, mulai dari medulla, kortex dan periosteum dan semakin parah pada keadaan penderita dengan daya tahan tubuh rendah.

Selanjutnya menurut beliau, Infeksi yang jalan-jalan dari tempat lain ini masuk ke dalam tulang dan membentuk inflamasi supuratif (maaf mulai dari ini banyak kata-kata atau istilah yang mungkin membuat kita “lieur” alias pusing, tapi demi kebaikan bersama telan saja dulu) pada medulla tulang, karena tekanan nanah (pus) yang besar infeksi kemudian meluas ke tulang spongiosa menuju ke daerah korteks tulang. Akibatnya struktur tulang rahang yang harusnya kompak dan padat jadi ko-ro-pos atau bolong-bolong seperti sarang lebah dan mengeluarkan pus atau nanah yang bermuara di kulit seperti fistel….(terlihat seperti bisul), dan kalau dibiarkan akibatnya bisa fatal, rahang yg rapuh ini bisa patah (fraktur patologis)…blethak…(hi…..ngueri buangetttt…!).

Gejala awalnya seperti sakit gigi dan terjadi pembengkakan di sekitar pipi kemudian pembengkakan ini mereda selanjutnya penyakitnya bersifat kronis membentuk fistel (saluran nanah yang bermuara di bawah kulit) kadang tidak menimbulkan sakit yang bikin menderita tapi tahu2 pas di roghten foto rahangnya sudah growong2… banyak struktur tulang2 yang sudah mati.

……………………………………………………………………………………………………………………………..

Sudah ah, semakin merinding mendengar, eh…menulisnya. Singkat kata, janga pernah sepelekan sakit gigi atau gigi berlubang. Bila tidak, ya bisa seperti itu.

Syukur alhamdulillah, ketika aku lakukan foto ronsen ulang yang khusus memfoto gigi saja (namanya “Panoramik” atau apalah, yang jelas kir-kira begitu namanya), aku tidak harus mendapat tindakan operasi bedah mulut, karena kata pak dokter berdasarkan foto ronsen tersebut diduga belum sampai terbentuk kista, tapi hanya gambaran bekas abses saja, sehingga (insya Allah dan mudah-mudahan) cukup diatasi dengan cara mengangkat gigi yang bermasalahnya saja. Amin

Sumber:

http://senyumsehat.wordpress.com/

http://hildamerlina.blogspot.com/

http://www.tanyapepsodent.com/

Posted in Berita, Info, Kesehatan, Kisah, Kisah Nyata, Kisahku, Musibah, Pelajaran, Penyakit, Renungan, Serba serbi, Solusi, Tips | Dengan kaitkata: , , , , , | 2 Comments »

Technorati; Penyedia Layanan Kliam Blog Untuk Meningkatkan Traffic Pengunjung

Posted by gunawank pada Maret 6, 2012

Technorati –  PAB3N399TV9S adalah direktori blog mesin pencari (search engine) yang khusus untuk mengklaim blog. Pada saat ini Technorati merupakan sebuah komunitas dunia yang lumayan populer, sehingga sudah jutaan blog yang menjadi anggota atau terdaftar pada Technorati. Sebagaimana mesin-mesin direktori blog lainnya, Technorati banyak memberikan keuntungan bagi pengguna yang telah mendaftar dan menjadi anggota di Technorati. Salah satunya akan meningkatnya trafik pengunjung serta mendapatkan backlink dari Technorati.

Oleh karena itu tunggu apalagi, segeralah bergabung bersama kami di Technorati dengan proses pendaftaran yang sangat mudah. Silakan klik disini untuk mulai proses pendaftaran, lalu isi dengan data anda secara lengkap pada form yang disediakan. Jika sudah selesai mengisi semua form, centang I agree to abide by Technorati’s Privacy Policy and Terms of Use dan klik Join; Lalu ikuti langkah-langkah berikutnya.

Setelah mendapatkan kode verifikasi klaim blog, buatlah postingan yang berisi kode tersebut pada blog yang didaftarkan. Tulisan yang rekan-rekan baca ini merupakan posting dan publikasi tentang Claim Token PAB3N399TV9S yang dikirim melalui email.

Selamat bergabung.

Posted in Berita, Daftar, Info, Internet, Serba serbi, Teknik, Tips, Trik | Dengan kaitkata: , , , , | Leave a Comment »