Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Sapi Tidak Jadi Hilang, Uang Tetangga Melayang

Posted by gunawank pada Juli 12, 2013


sapi_naik motor

Kisah ini terjadi sekitar dua tahun yang lalu. Bukan penulis pribadi sih yang mengalaminya, melainkan terjadi pada seorang teman yang berprofesi sebagai Cowboy alias penggembala sapi. Tapi milik lho… sapinya, bukan kuli menggembala.

Memang temenku ini termasuk manusia langka. Bayangkan……, di era globalisasi dimana teknologi telah merambah ke seluruh segi kehidupan manusia, termasuk di bidang pertanian yang pada zaman baheula masih menggunakan tenaga hewan dalam pengolahan lahan, tapi kiwari sudah menggunakan mesin, bahkan mungkin ke depan hanya menggunakan mesin robot pertanian, tapi…temanku ini masih juga memanfaatkan tenaga hewan dalam pengolahan sawahnya.

sapi bajak“Disamping bebas dari polusi tanah karena tidah mempergunakan solar dan oli sebagai sumber penggeraknya, menggunakan tenaga hewan juga ada manfaat sampingannya antara lain kotorannya menjadi pupuk hijau (pupuk kandang) dan empat kakinya saat menarik bajak bisa membantu menggemburkan tanah”, katanya membeberkan alasannya.

Oleh karena itu, dia memelihara sapi dan cukup banyak sapinya karena bukan hanya untuk keperluan pertanian/sawah tetapi juga bisa dijual sebagai sapi pedaging, terutama saat musim hajatan, iedul fitri maupun iedul adha banyak order sapi ini. Dan oleh karena manfatnya yang amat sangat banyak itu dan karena sudah sejak kecil menjadi penggembala sapi, meski sekarang usianya sudah tidak muda lagi (umurnya sudah kepala 5) dan sudah menyandang predikat pak haji, tetapi temanku ini sangat telaten dan sangat dekat dengan sapi-sapinya itu.

Hingga suatu saat, temanku terlihat murung dan sedih, tidak seperti hari-hari biasanya yang selalu ceria. Ada apa gerangan….? Dan ketika kutanya, ternyata……………salah satu sapinya raib di kandang, dicuri orang. Innaalillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun……….!!! Akupun turut berduka cita dibuatnya.

“Sudahlah jangan terlalu difikirkan, tidak usah bersedih seperti itu. Relakan kepergiannya (Kaya ditinggal pacar aja ??!!!) dan bersabarlah atas takdir Allah. Jika Allah menghendaki, biasa saja dalam sekejap semuanya hilang. Dan jika Dia menghendaki, bisa saja yang hilang tiba-tiba kembali, atau mungkin akan diganti dengan yang lebih baik dan lebih banyak. Oleh karena itu, tawakallah kepada Allah atas segala takdir dan ketetapan-Nya”, kataku berusaha menyadarkan.

Dua hari berlalu……….., aku berjumpa lagi dengan temanku sang “Koboi” itu. Tetapi aneh sekali, dua hari yang lalu mukanya kusut kaya sendal butut, sementara sekarang terlihat cerah dan berbunga-bunga……Ada apa gerangan ? kembali aku bertanya.

“Alhamdulillah………. sapiku yang tempo hari hilang itu, kemarin sore ada di kandang…….ikut pulang bersama (temannya) sapi-sapiku yang lain…”, jawabnya. “…..Dan, subhanalaah………..atas kekuasaan Allah, sapiku yang hilang itu ternyata telah dicuri seseorang, lalu dia jual (seperti biasanya) kepada penadah. Entah dari tangan ke berapa, sapi tersebut dijual kepada seorang temanku (yang sama-sama senang perilahara sapi) yang tinggal di kampung sebelah. Karena tempat penggembalaannya di lokasi yang sama, akhirnya sapiku (yang hilang) bergabung dengan teman-teman sepekandangan. Otomatis ketika sore hari ikut pulang bersama-sama..”, tambahnya, menjelaskan panjang lebar.

Subhanallah…………. Allah telah menunjukkan ke-Maha Kuasaan-Nya dan mebuktikan janji-Nya, bahwa bagi orang yang bertakwa Allah akan memberikan anugerah dari jalan yang tiada diduga.

Bagi teman yang telah membeli sapi (yang hilang) tersebut, tentunya dia tidak salah karena tidak mengetahui kalau sapi itu milik temannya yang dicuri orang. Mudah-mudahan merupakan ujian dari Allah untuk meningkatkan derajat keimannya, karena beliaupun seorang kaya yang bertakwa dan dermawan. Semoga Allah mengganti uangnya yang “melayang” dengan balasan yang berlipat ganda. Amin……

Wallahu a’lam.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: