Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Semut Jepang; Manfaat dan Cara Budidayanya

Posted by gunawank pada April 16, 2015


Apa itu Semut Jepang

Semut dalam bahasa jepang disebut Ari yang berarti “serangga kesetiaan“. Di Jepang dikenal sebanyak 273 spesies semut. Dalam sekitar waktu 10 th lalu, lebih dari 200 spesies semut disimpan di museum sejarah barat, tidak ada litelatur resmi tentang semut jepang.

Beberapa spesies semut jepang, seperti: Pachycondyla pilosior, Amblyopone silvestrii, Stenamma owstoni, Aphaenogaster frontosa, Ponera swezeyi, Aphaenogaster ruida, Ponera scabra, Pheidole bugi, Aphaenogaster vapida, Solenopsis japonica, Monomorium trivial, Technomyrmex gibbosus, Ochetellus glaver, Lasius talpa, Lasius umbratus, Lasius spathepus, Pyramica leptothrix, Vollenhovia emeryi, Polyergus samurai, Crematogaster vagula, Camponotus nipponicus, Cryptopone sauteri, Ponera japonica, Camponotus devestitus, Polyrhachis latona, dan masih banyak lagi jenis spesies lainnya.

Ciri-ciri semut jepang

Dari segi fisik bentuknya lebih mirip kumbang dibanding dengan semut. Tubuh berwarna hitam kecoklatan, berkaki enam, memiliki sayap luar yang keras mirip sayap kumbang namun tidak dapat terbang seperti serangga bersayap lainya. hidup berkelompok, tidak agresif, bukan hewan kanibal dan suka bereproduksi.

Manfaat Semut Jepang

Meskipun belum ada penelitian secara medis, namun sebagai obat alternative Semut Jepang diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Mengatur kadar kolesterol. Semut Jepang berguna untuk menjadikan tingkat kolesterol di darah normal, khususnya untuk orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi pada darah.
  1. Mengobati dan meringankan penyakit jantung. Semut Jepang juga dipercaya dapat mengobati penyakit jantung. Penyakita yang dapat menyerang berbagai usia ini memang penyakit yang menyeramkan karena dapat menghilangkan nyawa seseorang secara tiba-tiba.
  1. Meringankan Diabetes. Semut jepang dapat menjadikan jumlah gula dalam darah menjadi stabil, cocok untuk orang yang terserang penyakit diabetes.
  1. Mengatur tekanan darah. Menjadikan tekanan darah stabil, khususnya untuk orang yang menderita hipertensi (penyakit darah tinggi).
  1. Memberi tambahan visalitas. Mampu menambah vitalitas baik pria maupun wanita, cocok bagi mereka yang memiliki jam kerja tinggi atau kesibukan lainnya akan menambah stamina dan kekuatan dalam tubuh, sehingga tubuh pun terasa lebih segar dengan semut Jepang.
  1. Meringankan penyakit hati.Penderita penyakit hati seperti liver juga dapat mengkonsumsi semut Jepang sebagai obat. Semut Jepang dipercaya dapat meringankan penyakit hati atau setidaknya tidak membuat penyakit hati kambuh lebih sering.
  1. Mengobati dan meringankan penyakit asam urat, khusus orang dengan kadar asam urat tinggi di tubuh. Orang dewasa banyak sekali yang mengalami penyakit asam urat seiring bertambahnya usia. Asam urat disebabkan oleh berbagai faktor dan yang paling dominan adalah karena pola hidup. Semut Jepang akan mengatasi penyakit yang satu ini juga dan membuat penderitanya akan jarang merasa sakit di bagian sendi yang terkena asam urat.
  1. Membantu mengobati Stroke. Semut Jepang juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit Stroke, tergantung tingkat keseriusan penyakit Stroke sendiri. Bila Stroke telah masuk ke dalam tingkatan tinggi, bisa saja semut Jepang tidak dapat mengobati hanya meringankan.

Dari kedelapan manfaat – manfaat di atas, karena belum teruji secara klinis maka sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke pada dokter mengenai penyakit yang diderita.

Cara Budidaya Semut Jepang

Membudidayakan semut jepang relative mudah dan sederhana. Siapkan beberapa toples sebagai kandang pemeliharaan. Usahakan tempat harus transparan agar mudah untuk mengamati perkembangannya. Lubangi tutup toples untuk menjaga sirkulasi udara. Masukkan kapas secukupnya pasa bagian alas toples dengan ketebalan kapas 3-5 cm, usahakan kapas merata dan tidak terlalu penuh di dalam toples.

Setelah toples berisi kapas masukkan semut jepang minimal tiga ekor, lebih banyak lebih bagus untuk perkembangan semut. Kemudian masukkan ragi tape ke dalam toples sebagai makanan bagi semut. Pemberian ragi bisa satu butir utuh atau bisa dipotong-potong. Lakukan kontrol makanan secara rutin agar tidak ada satu semutpun yang tidak mendapat makanan.

Tempatkan toples pemeliharaan di tempat yang bersih dan terbebas dari predator seperti cicak, semut merah, semut hitam, laba-laba, kadal dan tikus.

Dalam masa pemeliharaan waktu yang dibutuhkan mulai dari peletakkan telur lalu menetas menjadi larva sampai menjadi imago/semut siap jual atau dikonsumsi lebih kurang enam minggu sampai delapan minggu.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: