Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Pesta Bikini Pelajar vs Pendidikan Karakter Bangsa

Posted by gunawank pada April 29, 2015


Beberapa hari terakhir dunia pendidikan kita dihebohkan dengan pemberitaan media masa maupun dunia maya tentang adanya pesta bikini (pool party) pelajar SMA Jakarta untuk menyuarakan kebebasan usai pelaksanaan UN.

Berawal dari undangan Divine Production sebagai panitia penyelenggara yang tersebar melalui situs video Yutube dan melibatkan beberapa pelajar, panitia  mengajak pelajar SMA ikut acara yang akan digelar di area kolam renang lantai 6 Hotel Media and Towers Jalan Gunung Sahari Raya Nomor 3 pada Sabtu (25/4) malam. Kehebohan terjadi karena acara yang bertema “Splash After Clash” itu mewajibkan pesertanya hadir mengenakan “Bikini Summer Dress”.

Kejadian ini semakin menambah panjang daftar “gangguan” yang dilakukan pihak-pihak di luar komunitas pendidikan terhadap usaha-usaha pendidikan nasional dalam mencetak generasi muda yang memiliki sikap dan perilaku mencerminkan karakter karakter bangsa.

Sebagaimana diketahui sejak penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dilanjutkan oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sistem pendidikan nasional menerapkan pendidikkan karakter pada setiap materi pembelajaran. Usaha ini dipertegas lagi dalam Kurikulum 2013 dengan menambah kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial sebagai kompetensi inti (KI) 1 dan 2 pada setiap kompetensi dasar (KD).

Singkat kata, bangsa kita melalui sistem pendidikan nasional saat ini sedang gencar-gencarnya membangun generasi yang bukan hanya cerdas tetapi sekaligus memiliki karakter religius dan sesuai budaya bangsa.

Berpesta pora dengan maksud merayakan selesainya pelaksanaan ujian nasional saja sudah tidak mendidik, karena ujian nasional bukan akhir dari kewajiban belajar, apalagi belum jelas lulus atau tidaknya.

Corat-coret baju saja ketika lulus ujian yang tidak berimplikasi langsung terhadap kesusilaan sudah dilarang dan tidak dibenarkan oleh sekolah, apalagi berpesta pora semalam suntuk tanpa kontrol dan berpakaian minim lagi, jelas-jelas sangat tidak sesuai dengan norma-norma pendidikan, bangsa dan agama.

Mudah-mudahan ke depan dunia pendidikan diselamatkan dari campur tangan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: