Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Gigi Busuk Bisa Timbulkan Rahang Keropos dan Kista Rahang

Posted by gunawank pada Maret 15, 2012


Hampir dua minggu setelah pulang dari rawat inap di rumah sakit, tepatnya hari Kamis, 1 Maret 2012 aku kontrol (yang kedua kalinya) ke rumah sakit. Kebetulan pak Dokter yang menangani penyakitku sejak awal sedang berhalangan masuk, sehingga ditangani oleh dokter lain. Setelah lukaku diperiksa, dibersihkan, diobati dan (tentunya) ditutup kasa verban, aku diminta untuk foto ronsen (di-Indonesiakan biar gampang nulisnya) dan akupun melaksanakan sebagaimana rekomendasi beliau.

Hari Senin, 5 Maret 2012 aku berkunjung kembali ke rumah sakit untuk memeriksa luka bekas abses itu sekaligus mengetahui hasil foto ronsennya. Setelah selesai prosesi pemeriksaan dan penanganan luka akupun diminta penjelasan tentang hasil foto ronsen tersebut. Dan ………je-le-gerrrr…….., bak suara petir di siang bolong kedengarannya penjelasan itu (untung suara petirnya lambat, ngak “jegerrr” gitu, sehingga aku bisa berusaha tenang menyimak kata demi kata penjelasannya). Apa pasal ?……, ya, menurut beliau pada rahang kanan bawahku terdapat kista (cyst). Dan beliau menyarankan agar aku segera melaksanakan tindakan operasi bedah mulut untuk mengangkat kista tersebut dengan rujukan ke rumah sakit Hasan Sadikin bandung atau RSCM Jakarta. Waduh……! Aku tidak segera menjawab tawaran rujukan beliau, karena aku harus berembuk dulu dengan segenap keluarga. Begitu jawabku.

Sepulang dari rumah sakit, selain menghubungi orangtua dan segenap kerabatku, akupun brosing untuk bertanya kepada mbah Google, apa sih kista rahang itu dan bagaimana konsekuensinya. Hasilnya…………., hiyyyyyy….ngeri banget ! Bahkan ada judul yang sebelum baca isinya sudah bikin meinding: “Rahang Rontok Akibat Gigi Busuk”. Namun, karena tulisan-tulisan yang aku baca penulisnya adalah para dokter gigi dan ahli bedah mulut, secara ilmiah aku percaya pada isi tulisan-tulisan tersebut. Dan, sesuai moto blogku, di bawah ini aku coba rangkum penjelasan-penjelasa mereka sebagai berikut:

……………………………………………………………………………………………………………………………..

Gigi berlubang (karies) walaupun mula-mulanya hanya lubang yang dangkal saja, kalau dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan baik lama kelamaan akan semakin dalam. Kalau lubang sudah tembus ke akar gigi, kuman penyebab karies bisa mengakibatkan pembusukan.  Pada gigi yang busuk ini bisa terjadi reaksi radang (akut hingga kronis) di sekitar akar gigi. Bila sudah sampai tahap kronis, radang bisa memicu timbulnya kista pada rahang.

Menurut drg Devi (senyumsehat.wordpress.com), tapi juga sakit gigi yang infeksinya . Infeksi yang berasal dari abses gigi di daerah akar gigi, ataupun dari penyakit jaringan pendukung gigi dan juga dari daerah gusi yang menutupi gigi yang biasanya pada gigi geraham belakang yang miring, infeksinya bisa menyebar ke sum-sum tulang rahang. Infeksi pada tulang ini disebut Osteomyelitis. Inflamasi yang disebabkan bakteri pyogenik ini meliputi seluruh struktur yang membentuk tulang, mulai dari medulla, kortex dan periosteum dan semakin parah pada keadaan penderita dengan daya tahan tubuh rendah.

Selanjutnya menurut beliau, Infeksi yang jalan-jalan dari tempat lain ini masuk ke dalam tulang dan membentuk inflamasi supuratif (maaf mulai dari ini banyak kata-kata atau istilah yang mungkin membuat kita “lieur” alias pusing, tapi demi kebaikan bersama telan saja dulu) pada medulla tulang, karena tekanan nanah (pus) yang besar infeksi kemudian meluas ke tulang spongiosa menuju ke daerah korteks tulang. Akibatnya struktur tulang rahang yang harusnya kompak dan padat jadi ko-ro-pos atau bolong-bolong seperti sarang lebah dan mengeluarkan pus atau nanah yang bermuara di kulit seperti fistel….(terlihat seperti bisul), dan kalau dibiarkan akibatnya bisa fatal, rahang yg rapuh ini bisa patah (fraktur patologis)…blethak…(hi…..ngueri buangetttt…!).

Gejala awalnya seperti sakit gigi dan terjadi pembengkakan di sekitar pipi kemudian pembengkakan ini mereda selanjutnya penyakitnya bersifat kronis membentuk fistel (saluran nanah yang bermuara di bawah kulit) kadang tidak menimbulkan sakit yang bikin menderita tapi tahu2 pas di roghten foto rahangnya sudah growong2… banyak struktur tulang2 yang sudah mati.

……………………………………………………………………………………………………………………………..

Sudah ah, semakin merinding mendengar, eh…menulisnya. Singkat kata, janga pernah sepelekan sakit gigi atau gigi berlubang. Bila tidak, ya bisa seperti itu.

Syukur alhamdulillah, ketika aku lakukan foto ronsen ulang yang khusus memfoto gigi saja (namanya “Panoramik” atau apalah, yang jelas kir-kira begitu namanya), aku tidak harus mendapat tindakan operasi bedah mulut, karena kata pak dokter berdasarkan foto ronsen tersebut diduga belum sampai terbentuk kista, tapi hanya gambaran bekas abses saja, sehingga (insya Allah dan mudah-mudahan) cukup diatasi dengan cara mengangkat gigi yang bermasalahnya saja. Amin

Sumber:

http://senyumsehat.wordpress.com/

http://hildamerlina.blogspot.com/

http://www.tanyapepsodent.com/

2 Tanggapan to “Gigi Busuk Bisa Timbulkan Rahang Keropos dan Kista Rahang”

  1. Erry said

    Dear Mas Gunawank
    Saya tertarik dengan cerita Gunawank diatas,
    anak saya gejalanya juga sama dengan Mas Gunawank, setelah melihat hasil rontgen dan MRI, dokter menyarankan untuk untuk dipotong
    sebagian dari dagu bagian bawahnya, dengan akibat tidak ada gigi lagi dibagian bawah,
    setelah dipotong nanti akan disambung dengan pen didagunya (dibawah kulit.
    Saya sekarang berusaha untuk menghentikan keropos tersebut agar tidak menyebar.
    Anak saya sekarang shock mendengar hal itu,
    untuk kasus mas Gunawank obat atau terapi apa yang diberikan,
    semoga ini menjadi Inspirasi saya dan anak saya agar tidak shock,
    dengan kejadian ini

    terima kasih atas sharingnya

    salam

    Erry

    • gunawank said

      Mohon maaf, baru dijawab. Mudah-mudahan masalah sudah teratasi. Kalau belum, coba konsultasi dengan dokter yang lebih berpengalaman.

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......