Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Dollar Kuning dan Cara Mengajukan Peninjauan Manual

Posted by gunawank pada Desember 6, 2020


Monetisasi Channel YouTube menjadi salah satu target sekaligus kebanggan bagi Youtuber atau seorang Creator YouTube, karena channel yang dimonetisasi bukan saja menjadi tolok ukur keberhasilan channelnya menarik penonton sehingga mendapatkan 1.000 subscriber dengan 4.000 jam tonton, tetapi juga menjadi titik awal untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari channelnya.

Pada channel yang berhasil dimonetisasi akan tampil lambang dollar ($) di samping videonya. Itu artinya dalam video-video tersebut berpeluang mendapatkan tayangan iklan setelah monetisasinya diaktifkan. Namun belum tentu dalam video yang diaktifkan monetisasinya akan tampil iklan, tergantung apa warna lambang dollarnya.

Perlu diketahui bahwa lambang dollar terdiri dari 5 warna (abu-abu, hijau, kuning, hitam dan merah) dengan 6 kategori yang masing-masing memiliki arti yang berbeda. Diantara keenam kategori tersebut yang sering membuat kaget (bahkan, mungkin kecewa) para youtuber, khususnya bagi para youtuber yang channelnya baru dimonetisasi adalah tampilnya lambang dollar berwarna kuning. Mengapa demikian?

Video dengan lambang dollar berwarna kuning artinya berdasarkan penilaian sistem otomatis YouTube dinyatakan “kontennya terindikasi tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan” sehingga tidak akan menayangkan iklan di dalamnya. Tetapi pihak YouTube memberi kesempatan untuk mengajukan “Peninjauan Manual”. Bagaimana caranya ? Silakan simak langkah-langkahnya dalam tayangan video berikut ini:

  1. Setelah log in ke channel anda, klik “Kelola Video” di sebelah kanan lambang channel
  2. Cari video dengan lambang dollar berwarna kuning. Arahkan kursor ke “Kesesuaian Iklan” lalu klik “MINTA PENINJAUAN”
  3. Pada jendela “Minta Peninjauan Manual” klik “Pedoman Konten yang Cocok untuk Pengiklan di YouTube” untuk memeriksa apakah konten video telah sesuai dengan pedoman tersebut.
  4. Setelah yakin sesuai, klik kotak untuk mencentang lalu klik “Minta Peninjauan”
  5. Tunggu beberapa hari hasil peninjauan manual dari YouTube yang akan disampaikan melalui e-mail.

Demikian cara yang penulis lakukan  dan hasilnya, alhamdulillah semua video yang diajukan berhasil ditetapkan sebagai “Sesuai untuk Semua Pengiklan”.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba !!!

Baca artikel lainnya:

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......