Gunawank's Blog

Banyak Menolong Pasti Banyak yang Menolong

Tips; Agar Taubat Diterima Oleh Allah SWT

Posted by gunawank pada Mei 8, 2011


Salah satu ciri orang yang bertakwa adalah mereka cepat bertaubat apabila berbuat dosa, memohon ampunan manakala memperbuat suatu pelanggaran ketentuan Allah SWT, baik ketentuan yang berupa perintah, maupun berupa larangan. Firman Allah Swt:

 وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ (آل عمران: 135)

“Dan (juga mereka adalah) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau Menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui”. (QS. Ali Imran: 135).

Kemudian, sebaik-baik orang yang bertakwa bukanlah orang tidak pernah berdosa, melainkan mereka yang apabila berdosa dan berbuat kesalahan segera bertaubat  dan memohon ampunan kepada Allah SWT dengan taubat yang sebenar-benar taubat atau taubatan nashuha sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dalam Al-Quran:

ياايهاالذين امنوا توبوا الى الله توبة نصوحا

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah – dengan taubat yang sebenar-benarnya (taubatan nashuha)”. (QS. At-Tahrim : 8)

Dan Firman-Nya:

وتوبوا الى الله جميعا ايهاالمؤمنون لعلكم تفلحون

“Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah wahai segenap kaum mu’minin, mudah-mudahan kamu sekalian memperoleh keberuntungan” (QS. An-Nur: 31 )

Disamping itu, taubat merupakan permulaan jalan bagi para salikin yaitu orang-orang yang menempuh jalan menuju kepada Allah SWT, dan sebagai mafatihu sa’adatil muridin atau anak kunci bagi kemenangan para muridin, serta membawa manusia kepada kecintaan Allah SWT. Firman Allah :

ان الله يحب التوابين ويحب المتطهرين

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat, dan mencintai orang-orang yang membersihkan diri dari dosa” (QS.Al-Baqarah : 222)

Manusia sebagai makhluk yang tidak akan pernah luput dari dosa dan kesalahan, sudah seyogyanyalah memperbanyak taubat, karena dengan taubat itulah segala dosa dan kesalahan manusia akan diampuni oleh Allah SWT. Sabda Nabi SAW:

واللهِ اِنِّـى أَستَـغفِرُاللهَ واَتوُبُ اليه في اليوم اَكثرَ من سبعينَ مَرَّةً

“Demi Allah, sesungguhnya saya beristighfar (memohon ampun) kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya setiap hari lebih dari tujuh puluh kali” (HR. Bukhari).

Dan sabdanya yang lain:

ياايهاالناس توبوا الى الله واستَـغفِرُوه فإنـِّى اَتوُبُ في اليوم مِائَةَ مَرَّةٍ

“Hai sekalian manusia, bertobatlah kamu kepada Allah, dan istighfarlah (memohon ampunlah) kepada-Nya, karena sesungguhnya  saya bertaubat setiap hari seratus kali” (HR. Muslim).

Agar taubat kita diterima oleh Allah SWT, setidaknya ada empat syarat yang harus kita tempuh:

Pertama, An-nadamah yaitu rasa penyesalan. Artinya, ketika bertaubat harus timbul rasa penyesalan diri   akan dosa dan kesalahan-kesalahan yang terlanjur telah diperbuat. Ciri-cirinya nadamah adalah luluhnya hati sehingga senantiasa menyesali dan bersedih hati atas dosa dan kesalahan yang telah terlanjur dilakukan.

Kedua, (al-‘ajmu ‘ala allaa ya’uda limitslihi) betekad kuat seta niat bersungguh-sungguh untuk meninggalkan dan tidak akan mengulangi kembali dosa dan kesalahan-kesalahan seperti itu.

Ketiga, Al-iqla, yaitu meninggalkan dosa dan kesalahan tersebut dan menjauhkan diri kita dari hal-hal yang akan menjerumuskan kembali kepada perbuatan maksiat.

Keempat, Al-baroatu min jami’i huquqil adamiyin  yaitu membebaskan segala dosa dan kesalahan kita yang berkaitan dengan haqul adami, dosa kita kepada sesama manusia. Karena Allah tidak akan menerima taubat kita atas dosa yang diperbuat terhadap sesama manusia, seperti menyakiti, merugikan dan menzholimi orang lain baik melalui ucapan, tingkah laku maupun perbuatan langsung, sebelum orang itu benar-benar memaafkan kesalahan kita tersebut secara jelas dan tertentu, setelah terlebih dahulu meminta maaf dan halalnya, serta mengembalikan segala apa yang harus dikembalikan kepadanya.

Sebagai contoh, apabila kita melakukan perbuatan dosa karena mengambil hak orang lain, seperti menggasab, mencuri atau korupsi dan sejenisnya, maka untuk mendapat pengampunan Allah, terlebih dahulu kita harus mengembalikan hak orang yang kita ambil tersebut sambil meminta maaf dan memohon pembebasan dari kesalahan (istihlal), baru setelah mendapatkan maaf dan penghalalannya kita bertaubat kepada Allah SWT.

Atau, kita pernah menggunjing (ghibah) seseorang, maka tatkala meminta maaf darinya harus disampaikan kata-kata gunjingan tersebut kepadanya, agar dia benar-benar memaafkan kesalahan kita sesuai dengan objek kesalahannya dan kita terbebas dari kesalahan itu, baru kemudian kita bertaubat kepada Allah SWT.

Dari kedua contoh di atas, jelaslah sungguh berat rasanya untuk mendapatkan pengampunan Allah atas kesalahan kita terhadap sesama manusia. Oleh karenanya, berhati-hatilah dalam ucapan dan perbuatan saat bergaul di masyarakat. Karena, justru dosa-dosa dalam pergaulan sehari-hari inilah yang banyak dan sering tidak kita sadari.

Mudah-mudahan kita terpelihara dari ucapan, tingkah laku dan amal perbuatan yang menjerumuskan kita kepada dosa dan kesalahan, baik terhadap sesama manusia maupun kepada Allah SWT. Dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, kemampuan dan kemauan kepada kita untuk selalu memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada-Nya. Amin ya Robbal ’alamin.

8 Tanggapan to “Tips; Agar Taubat Diterima Oleh Allah SWT”

  1. widiagroup said

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://joinkerjaonline.blogspot.com/

  2. fi said

    assalaamu’alaykum.wrh..
    saya suka sekali postingan ini, akh.. kunjung2 lapak ana ya.. syukron..
    semoga kita tidak termasuk orang-orang yang merugi.. Aamiin..

  3. ernng said

    ok

  4. […] Tips; Agar Taubat Diterima Oleh Allah SWT […]

  5. Dan Bagaimana Ketika Orang Itu Bertaubat dengan Sungguh Sungguh Tetapi Orang Itu Tetap tidak Diterima Disisi ALLAH SWT

Terima kasih, jika anda mengomentari tulisan ini .......

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: